Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Verifikasi Tim Pusat terhadap Proses Perencanaan Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2019

Palembang - Palembang, 11 Maret 2019 Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Senin 11 Maret 2019 dalam rangka verifikasi Tim Pusat terhadap proses penyusunan Provinsi Sumatera Selatan dalam hal ini untuk penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah 2019 diselenggarakan di Ruang Dapunta Hyang Bappeda Provinsi Sumatera Selatan Lantai III pada pukul 09.00 WIB.

Disambut hangat oleh Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, DR. Ekowati Retnaningsih, SKM., M.Kes didampingi Tim Independen  Ibu Avanti Fontana, Ph.D, CF, CC, Tim Penilai Utama Bapak Dr. Ir. Budhi Santoso, MA, dan Tim Penilai Teknis

Inda Monita, SE, MPM. Kemudian dihadiri oleh Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan Dr. Ir. Taufik Hanafi, MUP, Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan M. Yansuri, S.IP, Kelapa OPD Provinsi Sumsel dan Kab/Kota, unsur Akdemisi, Perwakilan Bank, Media Masa, Asosiasi,Penerima Manfaat, Organisasi Pemuda, serta SMA Negeri Sumsel.

PPD merupakan kegiatan rutin dari Kementerian PPN/Bappenas sejak Tahun 2012 yang sebelumnya bernama Anugerah Pangripta Nusantara kepada Pemerintah Daerah dengan perencanaan pembangunan terbaik. Penghargaan tersebut berubah nama menjadi Penghargaan Pembangunan Daerah, yang proses penilaiannya lebih komprehensif dengan tidak hanya mempertimbangkan unsur perencanaan, namun juga pencapaian pembangunan daerah.

Tujuan penilaian ini adalah agar dokumen perencanaan pembangunan daerah lebih berkualitas, artinya perencanaan yang dilaksanakan dapat aplikatif sesuai dengan kaidah peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam kesempatannya, Kementerian PPN/Bappenas dalam hal ini disampaikan oleh Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan Dr. Ir. Taufik Hanafi, MUP memaparkan terkait Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2019 diantaranya mengenai; kronologi penghargaan pembangunan daerah, tahapan penilaian Provinsi, serta metodologi penilaian PPD.

Sementara itu Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan memaparkan terkait RKPD 2019 Sumatera Selatan Tahun 2019 dan Inovasi Proses Penyusunan, diantaranya mengenai; pencapaian pembangunan, bottom up, top down, teknokratik, politik, akuntabilitas, serta inovasi.

PPD 2019 ini mencakup penilaian atas dokumen Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), proses penyusunan RKPD, pencapaian pelaksanaan dokumen RKPD dan inovasi yang dikembangkan serta penilaian khusus terkait pelaksanaan pembangunan di daerah. Selanjutnya Hasil Penilaian akan menentukan Kabupaten dan Kota yang terbaik di tingkat Sumatera Selatan dan menjadi utusan Sumatera Selatan untuk penilaian tahap selanjutnya di tingkat Nasional. Hasil akhir PPD 2019 akan diumumkan pada pelaksanaan Musrenbang Tahun 2019 baik di tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional. *Bappeda.SS

11 Maret 2019 21:05:12 WIB Berita Terkini

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan