Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Pembahasan Penyusunan SOP

Palembang - Palembang, 8 November 2018 Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Kamis 8 November 2018 mengadakan Rapat Pembahasan Penyusunan SOP yang berlangsung di Ruang Rapat Parameswara Bappeda Provinsi Sumatera Selatan pada pukul 10.00 WIB.

Rapat Pembahasan SOP ini adalah untuk membahas tentang Konsultasi Rancangan Awal RPJMD Kabupaten/Kota, Evaluasi Raperda RPJMD Kabupaten/Kota, dan Fasilitasi Rancangan Akhir RKPD Kabupaten/Kota.

Dipimpin oleh Kepala Bidang Pengendalian, Evaluasi dan Perencanaan Strategis Bappeda Provinsi Sumatera Selatan mewakili Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, DR. Ekowati Retnaningsih, SKM., M.Kes.

Kemudian dihadiri oleh Biro Ortala Setda Provinsi Sumatera Selatan dan Tim SOP Bappeda Provinsi Sumatera Selatan dari perwakilan Bidang-Bidang yang ada di Bappeda Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam kesempatannya, Kabag Tatalaksana Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Selatan memaparkan terkait Standar Operasional Prosedur diantaranya mengenai; dasar penyusunan SOP, definisi dan tujuan SOP, prinsip penyusunan SOP, jenis dan teknis penyusunan SOP, isi dokumen SOP, langkah penyusunan SOP, bagian identitas SOP, bagian Flowchart, symbol Flowchart dalam SOP, serta contoh prosedur pembuatan laporan konsistering.

Definisi dan tujuan SOP yaitu serangkaian instruksi tertulis yang dibakukan mengenai berbagai proses penyelenggaraan aktivitas organisasi, bagaimana dan kapan harus dilakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan. Tujuannya, sebagai salah satu upaya penataan tata laksana instansi Pemerintah yang efektif dan efisien, serta memberikan panduan bagi perangkat daerah lingkungan Pemerintah Daerah dalam mengidentifikasi, menyusun, mendokumentasikan, mengembangkan, monitor serta mengevaluasi SOP. *Bappeda.SS

 

08 November 2018 13:25:54 WIB Bappeda Terkini

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan