Sinkronisasi Indikator SDGs dan RPJMD serta Penyusunan Dokumen KLHS

Sementara itu rapat dibuka oleh Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Regina Ariyanti, ST mewakili Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan DR. Ekowati Retnaningsih, SKM., M.Kes didampingi oleh Kepala Bidang Pemerintahan Kesos dan Kesra Bappeda Provinsi Sumatera Selatan Joni Awaludin, SE, MT, MA.

Kemudian dihadiri oleh Perangkat Daerah Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan yang terkait beserta Staf Bappeda Provinsi Sumatera Selatan.

Pada kesempatannya, Regina Ariyanti, ST menyampaikan bahwa KLHS à rangkaian analisis yang sistematis, menyeluruh, dan partisipatif untuk memastikan bahwa prinsip Pembangunan Berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah dan/atau Kebijakan, Rencana, dan/atau Program.

Kerangka pikir proses penyusunan KLHS RPJMD meliputi ; Pembentukan tim penyusunan KLHS RPJMD, Pengkajian Capaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan , Perumusan Skenario Pembangunan Berkelanjutan, Penjaminan mutu KLHS  serta Pemanfaatan KLHS dalam proses penyusunan RPJMD.