Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Komisi XI DPR RI Apresiasi Kesuksesan Asian Games 2018

Palembang - Palembang, 26 September 2018 Ketua rombongan Komisi XI DPR RI, Ir. H. Achmad Hafisz Tohir menyatakan bahwa informasi yang diperoleh dari kunjungan ini akan digunakan oleh Tim Komisi XI DPR RI sebagai bahan dari rencana pembangunan bangsa, baik dalam industri maupun ekonomi.

Hal ini diutarakan Ketua Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mengadakan kunjungan kerja ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dan menggelar pertemuan dengan Pemda Provinsi Sumsel, Bappeda, Bappenas dan Bank Indonesia membahas terkait evaluasi pasca penyelenggaraan Asian Games XVIII tahun 2018 di Hotel Arya Duta Palembang, Rabu (26/9)

Tohir mengungkapkan pertama sekali kami ucapkan terimakasih dan apresiasi ke Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan atas kesuksesan Perhelatan Asian Games 2018 dan melalui Kunjungan Kerja (KunKer) ini maka akan dapatkan informasi yang spesifik mengenai dampak positif pembangunan di Sumsel, termasuk tantangan dan solusi yang pernah dihadapi sebagai bahan bahasan dalam pembangunan berkelanjutan.

Sejumlah poin penting dibahas dalam pertemuan tersebut diantaranya terkait dampak pertumbuhan ekonomi, dan non ekonomi dari penyelenggaraan Asian Games 2018 di Palembang. kemudian dampak pembangunan infrastruktur  Provinsi Sumsel serta langkah dorongan kepada pemerintah Provinsi Sumsel dalam menarik event olahraga internasional lainnya sebagai langkah pemanfaatan infrastruktur dan fasilitas olahraga yang ada di Sumsel

Lanjutnya, sebagai wakil rakyat yang duduk di DPR, pihaknya akan terus mensuport dan mendorong sepanjang venue olahraga dan infrastruktur lainnya ini bisa membangkitkan ekonomi daerah karena pada sasaran akhirnya APBN adalah untuk pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat.

Perhelatan Akbar Asian Games 2018 telah terselenggara dengan baik dan membanggakan Pemprov Sumsel turut mendapatkan dampak-dampak positif dari bidang ekonomi maupun infrastruktur atas penyelenggaraan Asian Games 2018.

Hal ini diungkapkan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel, Hadi Prabowo saat menerima kunjungan kerja Komisi XI DPR RI dengan Pemda Sumsel, Bappeda, Bappenas dan Bank Indonesia terkait Evaluasi Pasca Penyelenggaraan Asian Games XVIII Tahun 2018

“Pertumbuhan ekonomi di Sumsel mengalami peningkatan yang pesat pada akhir  tahun 2017 yaitu mencapai 5,51% melampaui pertumbuhan ekonomi secara nasional. Penyelenggaraan Asian Games di Sumsel mempengaruhi pertumbuhan ekonomi menjadi 6,7 % lebih tinggi daripada yang ditergetkan”, ujarnya.

Selain itu, Hadi juga mengungkapkan bahwa terdapat beberapa dampak lainnya yaitu pembangunan infrastruktur yaitu Light Rel Trainset (LRT) Palembang, jembatan, peningkatan kapasitas bandara. Dam juga peningkatan kebutuhan konsumtif rumah tangga, investasi, surplus perdagangan,  lapangan kerja, permintaan trasnportasi, pariwisata, dan perhotelan.

“Dari segi non ekonomi, Asian Games memberikan dampak dalam peningkatan hubungan kerja sama antar negara, juga Provinsi yang menjadi tuan rumah memiliki pengalaman dan mampu memberikan pendidikan dalam melaksanakan iven Olahraga Internasional”, ucapnya.

Untuk keberlangsungan Infrastruktur yang telah digunakan pada cabor Asian Games, Beliau menyatakan bahwa Pihak Pemprov akan melakukan penyempurnaan dan pemanfaatan fasilitas dengan pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang akan mengelolanya.

“BUMD harus mandiri, namun bisnis plan tetap harus disampaikan ke Pemda, sehingga tetap dapat dievaluasi, dimonitor dan akan tetap dilakukan pengendalian”, pungkasnya.  

Turut hadir SKPD Provinsi Sumsel dan Sekda Provinsi Sumsel, H. Nasrun Umar. Hadir juga Deputi Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan, Bappenas, Dr. Ir. Taufik Hanafi, MUP, serta para kepala OPD dilingkungan Pemerintah Provinsi Sumsel. Kapolda Sumsel, Zulkarnaen  dan Pihak TNI.

06 November 2018 07:43:04 WIB Bappeda Terkini

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan