Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Refreshing ISO 9001:2015 (Training)

Palembang - Palembang, 31 Juli 2018 Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Selasa 31 Juli 2018 tepatnya pukul 13.00 WIB mengadakan pertemuan di Aula Bappeda Provinsi Sumatera Selatan dalam acara Refreshing ISO 9001:2015. Pembahasan ini telah dilaksanakan dari Tanggal 30 Juli 2018 dan akan berlangsung selama satu minggu di Bappeda Provinsi Sumatera Selatan untuk mengaudit laporan yang ada di Bappeda Provinsi Suamtera Selatan.

Pembahasan dibuka oleh Sekretaris Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Ir. Hendrian, MT mewakili Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, DR. Ekowati Retnaningsih, SKM., M.Kes. Kemudian paparan disampaikan oleh Bapak Sumedi dari NQA, dan dihadiri oleh seluruh Staf Bappeda Provinsi Sumatera Selatan.

Tingkat kemampuan dari sejumlah karakteristik yang melekat pada suatu entitas/produk/layanan untuk memenuhi persyaratan. Karkteristik meliputi cirri-ciri yang menjadi pembeda antara fisik, rasa, fungsional, dll. Persyaratannya yaitu kebutuhan atau harapan yang dinyalakan atau yang tersirat atau yang diwajibkan, kebiasaan atau praktek yang umum.

Definisi Audit yaitu proses yang sisematis, independen dan terdokumentasi untuk mengevaluasi bukti audit secara obyektif dalam rangka menentukan pada tingkat mana criteria audit dapat dipenuhi.

Tujuan dari audit yaitu mengevaluasi kesesuaian terhadap criteria audit, memastikan SMM diterapkan dan dipelihara, mengidentifikasi potensi peningkatan (improvement)). Ruang lingkup SMM tidak mencakup seluruh persyaratan ISO 9001, tidak mempengaruhi kemampuan atau tanggungjawab organisasi untuk memenuhi persyaratan pelanggan dan meningktakan kepuasan pelanggan. Contoh : Desain dan pengembangan tidak diterapkan jika produk/jasa yang dibuat berdasarkan desain dari pelanggan, organisasi harus mendokumentasikan ruang lingkup, termasuk yang tidak diterapkan dan alasannya. Disampaikan oleh Bapak Sumedi dari NQA. *Bappeda.SS

01 Agustus 2018 11:37:45 WIB Bappeda Terkini

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan