Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Sosialisasi, Rencana Kerja dan Substansi tentang Persiapan Penyusunan Dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) RPJMD Tahun 2018-2023 Provinsi Sumatera Selatan

Palembang - Palembang, 6 Juni 2018 Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Rabu 6 Juni 2018 mengadakan Sosialisasi, Rencana Kerja dan Substansi tentang Persiapan Penyusunan Dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) RPJMD Tahun 2018-2023 Provinsi Sumatera Selatan, yang berlangsung di Ruang Rapat Lantai II Bappeda Provinsi Sumatera Selatan pada pukul 09.00 WIB.

Rapat tersebut dipimpiun dan dibuka oleh Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, Regina Ariyanti, ST. mewakili Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, DR. Ekowati Retnaningsih, SKM., M.Kes, dihadiri oleh Perangkat Daerah Provinsi Sumsel, Fungsional Perencana Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Perwakilan ICRAF, WRI, ZSL, Dompet Duafa, Yayasan Belantara serta dari Perwakilan UNSRI.

Pembukaan oleh Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Bappeda Prov. Sumsel (Ibu Regina Ariyanti). Adapun beberapa hal yang disampaikan, yakni sebagai berikut: Agenda Pertemuan, meliputi tahap dan proses KLHS dan RPJMD. Pembentukan Pokja dalam pembentukan KLHS dibuat dengan tim yang berisikan unsur-unsur Perangkat Daerah (PD) yang terkait dan juga non-pemerintah.

Tujuan pertemuan adalah membahas rancangan awal KLHS RPJMD. Pada penyusunan RPJMD terdapat safeguard (Tindakan Pengamanan) pada keberlanjutan sisi lingkungan, RPJMD dan KLHS harus bersinergi serta target penyelesaian KLHS RPJMD pada Juni 2019.

Kesimpulannya,  Terkait rencana kerja, terdapat 8 tahapan yang harus dilakukan dalam proses penyusunan KLHS RPJMD, diharapkan Desember 2018 KLHS RPJMD selesai, terkait sistem kerja, perlu ada sekretariat KLHS RPJMD dan PIC dari Bappeda Prov. Sumsel yang bertanggungjawab untuk mengkoordinasi kegiatan KLHS RPJMD, menerima dan mencermati data, serta men-share data ke PIC tiap perangkat daerah.

Perlu ada PIC dari tiap perangkat daerah dan disampaikan ke sekretariat KLHS RPJMD (Bidang IPW Bappeda Prov. Sumsel), Tim SDGs untuk segera menyelesaikan RAD SDGs sebagai bahan KLHS RPJMD, Tim Ahli akan mem-break down data-data yang dibutuhkan dalam penyusunan KLHS RPJMD dan akan membagikan data factual, kepada masing-masing Perangkat Daerah. Setelah kick off meeting (rapat pendahuluan) ini akan dilakukan pertemuan pertama membahas KLHS RPJMD lebih detail pada akhir Juni. dan Rancangan awal RPJMD harus selesai pada 12 Juli 2018. *Bappeda.SS

12 Juli 2018 12:46:40 WIB Bappeda Terkini

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan