Persiapan Pembahasan Musrenbangnas 2018

Rapat dipimpin oleh Kepala Subbidang Pendanaan Pembangunan Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, H. Dwiva Putra, SP., M.Se mewakili Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, DR. Ekowati Retnaningsih, SKM., M.Kes. Kemudian dihadiri oleh OPD Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumsel terkait dan diikuti oleh Staf Bappeda Provinsi Sumatera Selatan.

Pada kesempatannya, H. Dwiva Putra menyampaikan paparan yang terkait diantaranya tentang usulan Simlaras, usulan DAK. rancangan pagu idikatif RKP 2019, dikatakannya bahwa seluruh OPD agar menyampaikan surat penunjukkan sesuai format yang telah ditentukan, diskusi online dilakukan terhadap usulan Simlaras (form 1b, 2, dan 3) sampai dengan tanggal desk 4 April 2018 melalui Bappeda, setiap OPD agar memperhatikan dan menindaklanjuti arahan pusat, sementara itu terdapat 116 kegiatan yang masuk ke PD 2 PP 2 (Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat), untuk itu agar OPD pengusul memperhatikan kembali.

Beberapa OPD mengatakan terkait adanya kegiatan yang masuk ke dalam PD 2 PP 2 (Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat), ketika input kegiatan tersebut, OPD telah memasukkan kegiatan ke dalam PD dan PP yang bersesuaian, hanya saja ada kesalahan sistem sehingga kegiatan tersebut pindah ke PD 2 PP 2 dengan sendirinya. Bappeda:  Setiap OPD yang kegiatannya masuk ke dalam PD 2 PP 2, agar menyampaikan permasalahan tersebut ke pusat melalui diskusi online jika hal ini memang merupakan kesalahan sistem.

Kesimpulan hasil rapat tersebut yang dapat diambil yaitu Setiap OPD agar meneliti kembali kegiatan khususnya yang mengalami kesalahan sistem seperti pada PN 2 PP 2. Setiap bidang di Bappeda Prov. Sumsel agar memilih seluruh kegiatan untuk dibahas pada Musrenbangnas. Agar memanfaatkan diskusi online. *Bappeda.SS