RAPAT RENCANA KERJA IMPLENTASI KEGIATAN INTEGRATED PARTICIPATORY DEVELOPMENT AND MANAGEMENT OF IRRIGATION PROGRAM II

Rapat dipimpin oleh Bapak Amirudin Kasubbid Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Bappeda Provinsi Sumatera Selatan mewakili Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, DR. Ekowati Retnaningsih, SKM., M.Kes dan diikuti oleh OPD terkait.

Pengantar dari Bapak  Amirrudin Infrastruktur dan Pengembangan wilayah Bappeda Provinsi Sumatera Selatan bahwasanya Perekrutan TPM di setiap DI akan dianggarakan pada tiap DI yakni setiap Daerah Irigasi sejumlah 3 orang. Hal pertama yang harus dilakukan selanjutnya ialah penyepakan Daerah Irigasi dan berapa daerah irigasi yang akan tanggulangi setiap tahunnya.

Pada Provinsi Sumatera Selatan penganggaran alokasi dana kegiatan IPDMIP terfokus ke Tenaga Pendamping Masyarakat. Rencana perekrutan Tenaga Pendamping Masyarakat akan dilaksanakan pada bulan April. Terdapat kemiripan dalam pelaksanaan kegiatan WIMSP dan IPDMIP, sehingga kabupaten yang telah melakukan kegiatan WISMP terdahulu akan terbantu karena telah memiliki bebberapa dokumen-dokumne perencanaan. Daerah pelaksana kegiatan IPDMIP misalnya Banyuasin, Musi Banyuasin, Empat Lawang, Muara Enim sedangkan pada beberapa kabupaten yang lama yang telah melakukan kegiatan ialah Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten OKUS dan Kabupaten Lahat. Pada saat ini Pemerintah pusat masih memasuki dalam tahap lelang.

Adapun tujuan rapat tersebut adalah untuk koordinasi terkait rencana pelaksanaan kegiatan IPDMIP di Provinsi Sumsel dan 7 kabupaten/kota sesuai NPHD yang telah ditandatangani antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah, masukan dan informasi kesiapan daerah untuk menjalankan program IPDMIP, sinergitas rencana perekrutan TPM untuk di kewenangan kabupaten, serta kesepakatan DI yang akan dibuat perencanaan SID nya oleh BBWSS VIII. *Bappeda.SS