Rapat Koordinasi Tim Pokja Perubahan Iklim Provinsi Sumatera Selatan

Rapat dipimpin dan dibuka oleh Kepala Subbidang Pengembangan Wilayah dan Pengemabangan Lingkungan Hidup Bidang Infrastruktu dan Pengembangan Wilayah Bappeda Provinsi Sumatera Selatan mewakili Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, DR. Ekowati Retnaningsih, SKM., M.Kes. Kemudian rapat dihadiri oleh OPD Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

Tujuan pertemuan ini adalah untuk membahas rencana pelaksanaan kegiatan Monitoring Reporting dan Verifikasi (MRV) Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) Tahun 2018. Terbentuknya Sistem MRV yang terintegrasi dengan pelaksanaan aksi mitigasi GRK Prov. Sumatera Selatan.

Pembahasan kegiatan monitoring reporting dan verifikasi (MRV) emisi gas rumah kaca (GRK) Tahun 2018 meliputi; workshop MRV GRK Tahun 2018, penyusunan petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan MRV Prov. Sumel, pembuatan sistem pelaporan berbasis peta (pelatihan remote sensing dan GIS serta asistensi bank data), serta ground check (verifikasi lapangan).

Kesimpulannya, yaitu tersedianya personil yang mengerti dan melaksanakan pengumpulan data emisi GRK yang berkualitas, terintegrasinya data emisi GRK dengan siklus perencanaan aksi mitigasi dan adaptasi GRK, serta tersedianya data pelaksanaan emisi dan adaptasi GRK yang valid bisa dipertanggungjawabkan.

Sementara itu, hasil tindak lanjut yang didapay adalah ICRAF siap membantu pelaksanaan MRV GRK, membentuk MRV yang terintegrasi dalam kelompok kerja, tim MRV GRK akan mendampingi kabupaten/kota, serta enyusunan PEP MRV dalam satu item terdiri dari 5 kabupaten/kota penanggung jawab kelompok kerja. Bappeda.SS