Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Persiapan Rapat Koordinasi dan Workshop Penguatan Jaringan Informasi Geospasial Regional Sumatera

Palembang - Palembang, 8 Febuari 2018 Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Kamis 8 Febuari 2018 pada pukul 10.30 WIB bertempat di ruangan rapat lantai II mengadakan pembahasan Persiapan Rapat Koordinasi dan Workshop Penguatan Jaringan Informasi Geospasial Regional Sumatera yang diadakan oleh BIG.

Dipimpin dan dibuka langsung oleh Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, Ir. Hendrian, MT mewakili Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, DR. Ekowati Retnaningsih, SKM., M.Kes. Kemudian dihadiri dari Kelembagaan dan Simpul Jaringan Informasi Geospasial Regional Sumatera.

Pertemuan ini dilakukan Berdasarkan pertemuan dengan Kepala Bidang Kelembagaan dan Simpul Jaringan Informasi Geospasial BIG (Bpk. Aris Haryanto) pada tanggal 8 Februari 2018 yang lalu berlangsung di Bappeda Provinsi Sumatera Selatan membahas persiapan Rapat Koordinasi dan Workshop Penguatan Jaringan Informasi Geospasial Regional Sumatera.

Dalam kesempatannya, Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah mengatakan bahwa Rapat Koordinasi dan Workshop Penguatan Jaringan Informasi Geospasial Regional Sumatera yang semula dilaksanakan pada 27 – 28 Februari 2018 menjadi 13 – 15 Maret 2018 di Palembang. Rangkaian acara pada tanggal 13 Maret 2018 lebih ke acara teknis mengenai Kebijakan Satu Peta dan Jaringan Informasi Geospasial Daerah, dimana Provinsi Sumatera Selatan akan menjadi percontohan dalam proses penyusunan dan pelaksanaan KSP maupun JIGD se-Sumatera.

Dalam acara tersebut Provinsi Sumatera Selatan akan berbagi pengalaman mengenai tahapan dan permasalahan yang dilaksanakan dalam proses pelaksanaan KSP dan JIGD, sebagai contoh pada tahap kompilasi, permasalahan yang dihadapi yaitu teridentifikasinya OPD yang tidak mengetahui data dalam format shapefile (shp) dan belum memiliki data dalam format (shp).

Sementara itu pada acara hari kedua (14 Maret 2018) direncanakan akan dihadiri oleh Menteri dalam Negeri dan Kepala BIG. Rangkaian acara pada tanggal 14 Maret 2018 merupakan kegiatan ceremonial, penandatangan rencana aksi, Standar Operasi Prosedur (SOP), dokumen, dll.

Rangkaian acara pada tanggal 15 Maret 2018 dipararelkan dengan kegiatan Peta Partisipatif yang memberdayakan Pramuka. Kegiatan tersebut mengundang para Kepala Bappeda dan Dinas Kominfo se-Sumatera, dan direncanakan di Hotel Aryaduta Palembang.

Diperlukan koordinator untuk penjemputan narasumber dan Menteri, diperlukan penjadwalan Gubernur/Sekda untuk membuka acara, dijadwalkan akan dilakukan Press Release dengan wartawan, serta diperlukan pertemuan lanjutan (audiensi) antara Bpk. Suprajaka bersama Kepala Bappeda Prov. Sumatera Selatan dan Kabid IPW pada 23 Februari 2018 untuk membahas persiapan yang dimaksud. Bappeda.SS

 

12 Juli 2018 09:54:11 WIB Bappeda Terkini

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan