Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

FGD Tematik Bidang PMMK Tahun 2018

Palembang - Palembang, 6 Juli 2018 Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Jumat 6 Juli 2018 mengadakan FGD Tematik Bidang PMMK Tahun 2018 yang berlangsung di Ruangan Rapat Aula Bappeda Provinsi Sumatera Selatan tepatnya pada pukul 10.00 WIB.

Dipimpin langsung oleh Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, DR. Ekowati Retnaningsih, SKM., M.Kes didampingi oleh Sekretaris Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Ir. Hendrian, MT kemudian dihadiri oleh Bappenas, BPJS, OPD Lingkungan Pmerintah Provinsi Sumatera Selatan serta diikuti oleh Kepala Bidang Perekonomian dan Pendanaan Pembangunan, Kepala Bidang Pengendalian, Evalausi dan Perencanaan Strategis, Kepala Bidang Pemerintahan Kesos dan Kesra, dan Staf Bappeda Provinsi Sumatera Selatan.

            Rapat tersebut dibuka oleh Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, dan disampaikan paparan oleh Direktur Bappenas RI terkait capaian pelaksanaan program JKN di Provinsi Sumatera Selatan.

            Indonesia mengembangkan UHC melalui mekanisme asuransi kesehatan social untuk menjamin pembiayaan kesehatan yang berkelanjutan. Pengembangan jaminan kesehatan nasional untuk mencapai UHC pada Tahun 20198 agenda utamanya adalah menjamin akses pelayanan kesehatan yang berkualitas bagi seluruh masyarakat terutama masyarakat miskin.

            Pencapaian UHC bagi seluruh Negara di Dunia telah menjadi komitmen global WHO dan salah satu tujuan SDG, jaminan kesehatan nasional atau JKN telah terpilih untuk mewujudkan tercapaianya jaminan kesehatan atau UHC. Oleh karena itu, cakupan JKN ditingkatkan secara bertahap dan ditargetkan paling lambat Tahun 2019 seluruh penduduk Indonesia telah mempunyai jaminan kesehatan.

Penyiapan dan penyediaan sisi supply merupakan hal yang penting danb simultan dilakukan dengan meningkatnya cakupan kepesertaan JKN. Pencapaian UHC Tahun 2019 membutuhkan dukungan dan kerjasama semua stakeholder baik Pemerintah maupun pihak swasta.

Pemerintah sebagai regulator senantiasa melakukan evaluasi dan poerbaikan terhadap kebijakan terkait JKN termasuk perbaikan regulasi dalam upaya pengendalian dalam jaminan kesehatan. *Bappeda.SS

06 Juli 2018 12:11:39 WIB Bappeda Terkini

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan