Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Pemaparan dan Diskusi Konsep Perencanaan dan Penganggaran KB Berbasis Hak dan Kesehatan Ibu yang Terintegrasi

Palembang, 10 Oktober 2017 Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Selasa 10 Oktober 2017 mengadakan pertemuan rapat dalam rangka pemaparan dan diskusi konsep dan penganggaran KB berbasis hak dan kesehatan ibu yang terintegrasi yang berlangsung di ruangan rapat Bappeda Provinsi Sumatera Selatan lantai II pada pukul 09.00 WIB.

Rapat dipimpin dan dibuka langsung oleh Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, DR. Ekowati Retnaningsih, SKM., M.Kes, dihadiri oleh Kepala BKKBN Provinsi Sumatera Selatan, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Kementerian Kesehatan, Perguruan Tinggi UNSRI dan UGM serta Staf Bidang Pemerintahan Kesos dan Kesra Bappeda Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam arahannya Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan membuka sambutan bahwa pertemuan ini adalah untuk mendiskusikan konsep perencanaan penganggaran KB berbasis hak dan kesehatan ibu yang terintegritas, dikatakannya jika model telah terbentuk, mudah-mudahan uji cobanya dapat berjalan dengan efektif. Kemudian dalam arahannya juga menyampaikan terkait; sinkronisasi perencanaan dan penganggaran urusan keluarga berencana dalam RPJMD Provinsi Sumatera Selatan diantaranya mengenai; penetapan indikator kinerja daerah untuk misi ketiga RPJMD Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2013-2018, serta strategi dan arah kebijakan pembangunan bidang kesehatan Provinsi Sumatera Selatan.

Paparan kedua disampaikan oleh Woro Srihastuti Sulistyaningrum selaku Direktur Keluarga, Perem[uan, Anak, Pemuda dan Olahraga (Bappenas) terkait; perencanaan dan penganggaran KB berbasis hak dan kesehatan ibu yang terintegritas yaitu mengenai; capaian dan permasalahan KKB, kesenjangan CPR, sasaran pembangunan kependudukan dan KB Tahun 2018 RPJMN 2015-2019, pendekatan penyusunan perencanaan dan penganggaran, pendekatan perkuatan implementasi money follow program, kontribusi program KB di dalam mendukung prioritas nasional kesehatan (RKP 2018), serta kerangka strategi RFP.

Paparan ketiga disampiakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan terkait analisis capaian kinerja kesehatan keluarga diantaranya mengenai; kegiatan unggulan dalam penurunan AKI dan AKB Tahun 2015-2019, dan trend kematian balita, bayi dan neonatal 2012 – 2016 di Provinsi Sumatera Selatan.

Sementara itu paparan terakhir disampaikan oleh Kepala BKKBN Provinsi Sumatera Selatan dalam hal ini adalah Drs. Waspi yang memaparkan terkait perencanaan program dan anggaran kependudukan KB dan pembangunan keluarga (KKBK) di Provinsi Sumatera Selatan, yaitu diantaranya mengenai; rekapitulasi pembentukan kampung KB tingkat kecamatan Kabupaten/Kota Se Sumatera Selatan, rekapitulasi capaian program KKBK, pembinaan kelompok BKB, serta tantangan penguatan program KKBK, kondisi dan permasalahan program KKBPK saat ini. *Bappeda.SS

11 Oktober 2017 14:03:16 WIB Bappeda Terkini

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan