Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Pembukaan Technical Meeting Indonesia, Malaysia dan Thailand GrowthTriangle Labour Market Information (IMT-GT LMI)

Palembang, 3 Agustus 2017 Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Kamis 3 Agustus menghadiri pembukaan technical meeting Indonesia, Malaysia, dan Thailand Growth Triangle Labour Market Information (IMT-GT LMI) yang berlangsung di Ruang Rapat Bina Praja Setda Provinsi Sumatera Selatan pada pukul 08.30 WIB.

Pembukaan IMT-GT LMI ini dibuka secara langsung oleh Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, DR. Ekowati Retnaningsih, SKM., M.Kes, kemudian dihadiri oleh Abdul Kahar, Kementerian sumber daya Malaysia dan kepala delegasi Malaysia. OPD Provinsi Sumsel yang terkait, Perguruan Tinggi serta Staf Bidang Pemerintahan Kesos dan Kesra Bappeda Provinsi Sumatera Selatan. Pertemuan ini juga dihadiri oleh perwakilan dari pusat untuk IMT-GT Subregional kerjasama (CIMT).

Sementara itu, Delegasi Indonesia dipimpin oleh Ibu Indah Anggoro Putri, kepala biro kerjasama internasional dan Kementerian Tenaga kerja, Delegasi Thailand dipimpin oleh Ms. Porntthip, petugas pengembangan kerjasama dan agen kerjasama internasional Thailand (TICA).

Agenda yang pertama yaitu sambutan oleh tamu kehormatan dan Kepala Delegasi Indonesia. DR. Ekowati Retnaningsih, SKM., M.Kes menyambut hangat semua delegasi ke pertemuan dan mengucapkan selamat kepada Kementerian Tenaga Kerja Indonesia untuk pengaturan pertemuan yang sangat baik dan menyampaikan rasa syukur yang maksimal. Dia mencatat modal manusia sebagai salah satu aset yang penting dalam menentukan pencapaian pengembangan sumber daya manusia yang memperhitungkan tantangan karena globalisasi. Dia juga percaya bahwa smart kemitraan antara ketiga negara akan membuat informasi pasar tenaga kerja yang terintegrasi yang akan lebih meningkatkan dan mengerahkan tenaga kerja.

Sementara itu, Ibu Indah Anggoro Putri dalam sambutannya menyambut semua delegasi dan mengungkapkan antusiasme dalam mengembangkan program dan kegiatan di bawah baru implementasi cetak biru (IB) 2017-2021. Dia juga menyatakan kelompok kerja akan mendukung isu mobilitas orang sesuai dengan kerangka integrasi ekonomi ASEAN.

Kesimpulan dari pertemuan tersebut yaitu; disampaikan bahwa pentingnya informasi pasar tenaga kerja untuk pengembangan sumber daya manusia di wilayah IMT, Departemen tenaga kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia disajikan pada perumusan tindakan rencana dari IMT-GT LMI Portal, serta rencana aksi yang lebih lanjut diberitahu tentang sistem TI, Manajemen Data, dan pemeliharaan yang relevan dan keberlanjutan yang diperoleh harus diambil untuk mempertahankan sistem. *Bappeda.SS

 

07 Agustus 2017 16:47:50 WIB Bappeda Terkini

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan