Pembahasan Sinergi RKP 2018 dengan Pembangunan dalam rangka Penyusunan RKPD Tahun 2018

Rapat dipimpin oleh Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, DR. Ekowati Retnaningsih, SKM., M.Kes di dampingi oleh Kepala Bidang Perekonomian dan Pendanaan Pembangunan serta dihadiri oleh OPD Provinsi Sumsel dan Staf Bappeda Provinsi Sumatera Selatan.

Tujuan pembahasan ini adalah memastikan bahwa pemerintah daerah dalam hal ini OPD dan Kab/Kota memahami penjabaran sasaran prioritas nasional RKP 2018 di masing-masing daerah serta untuk melakukan pengendalian perencanaan (dan pelaksanaan) prioritas nasional di daerah dengan memastikan kesiapan daerah terhadap penjabaran sasaran agenda prioritas nasional RKP 2018.

Dalam kesempatannya, Kepala Bappeda Provinsi Sumsel mengatakan bahwa tahapan penyusunan RKP 2018 sampai dengan Desember 2016 diantaranya menetapkan tema, prioritas nasional dan program prioritas, workshop internal yaitu dengan menjabarkan prioritas nasional sampai dengan proyek kementerian/lembaga, dan raker bappenas dengan menetapkan kegiatan prioritas yang telah disusun dalam workshop internal. Serta sampai dengan penetapan tahapan pelaksanaan raker bappeda dengan uraian prioritas nasional 10 prioritas, program prioritas 30 prioritas, dan kegiatan prioritas 150 kegiatan prioritas.

Kemudian dilanjutkan paparan oleh Kepala Bidang Perekonomian, Pendanaan Pembangunan, Regina Ariyanti, ST mengenai rancangan prioritas nasional dan program prioritas 2018, pendekatan pencapaian target pembangunan RKP 2018, perkuatan perencanaan dan penganggaran RKP 2018. Agar penyusunan RKP hingga pengamanan alokasinya di RAPBN 2018 dapat berjalan efektif, langkah-langkah sinkronisasi perencanaan dan penganggaran perlu dilakukan.

 

Sementara itu paparan oleh Kepala Bidang Infrastruktur Pengembangan Wilayah menyampaikan mengenai sasaran pokok dan evaluasi capaian prioritas nasional ketahanan energi Tahun 2015-2019. *Bappeda.SS