Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Rapat Koordinasi Pelaksanaan SIPD Tahun 2016 serta Rencana Kerja Forum Data Pembangunan Sumsel Tahun 2017

Palembang, 24 November 2016 Bappeda Provinsi Sumatera Selatan melakukan rapat koordinasi dalam rangka pelaksanaan SIPD Tahun 2016 serta rencana kerja mengenai forum data Pembangunan Sumsel Tahun 2017, berlangsung di Aula Bappeda Provinsi Sumatera Selatan lantai III pada pukul 09.30 WIB.

Rakor ini dipimpin oleh Sekretaris Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, H. Riza Pahlawi, SE., M.Si mewakili Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, DR. Ekowati Retnaningsih, SKM., M.Kes. Kemedian didampingi oleh Kasubbid Data dan Informasi Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Joni Awaludin, MT, MA, MM.

Dihadiri oleh BPS Prov. Sumsel, Balitbangnovda Prov. Sumsel, Dinas Kehutanan Prov. Sumsel, Dinas Kelautan Prov. Sumsel, Kesbangpol Prov. Sumsel, BPBPD Prov. Sumsel, Badan Lingkungan Hidup Prov. Sumsel, Disperindag Prov. Sumsel, Dinas Kesehatan Prov. Sumsel, Dinas Pendidikan Prov. Sumsel, Dinas Perkebunan Prov. Sumsel, Dinas Pertanian Prov. Sumsel, Dinas PU Pengairan Prov. Sumsel, serta BKKBN Prov. Sumsel.

Sementara itu paparan diawali oleh Kepala Badan Pusat Statistik Prov. Sumsel, Bpk Yos terkait Forum Data (Satu Data) dan Census-Based District Information System (CBDIS). Menurutnya, Tujuan forum data ini adalah sebagai wadah komunikasi, data dan informasi, kebutuhan dan ketersediaan data, serta untuk pemanfaatan data yang dapat mendorong Pemerintah Daerah dalam memanfaatkan data untuk perencanaan pembangunan, serta perumusan kebijakan, penyelenggaraan pemerintahan, dan pelayanan publik.

 

Manfaat Forum Data yaitu terjadinya koordinasi dan komunikas antar sektor dalam penyediaan dan pemanfaatan data, terciptanya jembatan antara penyedia dengan pengguna data untuk mendiskusikan substansi, tersedianyaa media diseminasi data dan informasi yang disiapkan oleh masing-masing SKPD dan instansi vertikal, meningkatnya komitmen sektor dalam penyediaan data berkualitas yang tepat waktu, tersedianya media untuk advokasi kepada pengambil kebijakan untuk pemanfaatan data berkualitas bagi perencanaan pembangunan, serta tersedianya forum ynag memberikan rekomondasi kegiatan untuk meningkatkan kualitas data yang dikumpulkan melalui capacity building.

Langkah-langkah untuk menuju Forum Data yaitu diperlukannya sosialisasi dan diperlukannya indak lanjut dari sosilasasi tersebut, kemudian penentuan penanggung jawab dan keanggotaan forum data, serta penetapan forum data itu sendiri.

Selanjutnya paparan disampaikan oleh Bapak M. Yudhi Cahyadi Modeong, S.Sos Selaku Direktorat Perencanaan Evaluasi dan Informasi Pembangunan Daerah Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri, bahwa Tujuan SIPD, yaitu meningkatkan kualitas perencanaan, pengendalian, dan evaluasi pembangunan daerah, mengoptimalkan ketersediaan, pengisian data dan evaluasi serta pemanfaatan data dan informasi pembangunan daerah, SIPD sebagai alat untuk pengadministrasian rencana pembangunan yang bersifat jangka panjang, janagka menengah dan tahunan, SIPD sebagai alat untuk membantu pelaksanaan pengendaian dan evaluasi perencanaan pembangunan daerah secara hirarki agar menjamin sasaran dan target tepat sasaran.

Kemudian disampaikannya mengenai permasalahan data perencanaan Daerah yaitu lemahnya pemahaman dalam menggunakan SIPD sebagai dasar penyusunan dan evaluasi perencanaan daerah, data masih bersifat parsial di daerah sehingga berbeda-beda dan kondisi keterisian elemen data SIPD tidak lengkap dan tidak update, keterbatasan SDM di daerah, keterbatasan infrastruktur di daerah, serta pemerintah pusat belum seluruhnya melakukan integrasi sistem dan database.

Rencana tindak lanjut kedepan yaitu Memperkuat Komitmen Pemerintah Pusat dan Daerah Dalam Menggunakan SIPD sebagai dasar penyusunan dokumen perencanaan & pengendalian serta evaluasi Pembangunan Daerah, masukan terkait elemen data SIPD berbasis urusan untuk penyempurnaan aplikasi SIPD terutama untuk urusan konkuren (Koordinasi Pusat dan Daerah disetiap Urusan Konkuren), memperkuat SIPD sebagai data dan sistem informasi yang mempunyai kekuatan Hukum (pasal 274 UU 23/2014), revisi Permendagri 8 Tahun 2014 tentang SIPD, fasilitasi penguatan kelembagaan SIPD di daerah, serta Bimbingan teknis pengelolaan dan penggunaan SIPD. (Bappeda SS)

13 Desember 2016 08:21:52 WIB Bappeda Terkini

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan