Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Sosialisasi Program Kolabarasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK)

Palembang, 9 September 2016 Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Kamis 8 September 2016 mengadakan rapat sosialisasi program kolaborasi masyarakat dan pelayanan untuk kesejahteraan (KOMPAK) yang dilaksanakan di Aula lantai III Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, pada pukul 09.00 WIB.

Dihadiri oleh Bappenas dan beberapa SKPD lingkungan Provinsi terkait, sosialisasi ini dipimpin oleh Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, DR. Ekowati Retnaningsih, SKM., M.Kes.

Dalam kesempatannya Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan memaparkan mengenai penanggulangan kemiskinan dan pengurangan ketimpangan di Sumatera Selatan (Gertak Sejuta Mandiri). Materi yang disampaikan terkait prioritas pembangunan Sumatera Selatan, serta penanggulangan kemiskinan di Sumatera Selatan.

Gertak sejuta mandiri adalah suatu gerakan yang terencana dan sistematis oleh seluruh elemen masyarakat secara bersama-sama, bersatu dan sinergi melakukan aksi penanggulangan kemiskinan berdasarkan basis data terpadu untuk memberdayakan rumah tangga miskin menjadi rumah tangga mandiri secara ekonomi dan sosial.


Sementara itu, Kementerian Bappenas memaparkan terkait kebijakan dan strategi penanggulangan kemiskinan. Disampaikan oleh Direktorat Penanggulangan Kemiskinan dan Kesejahteraan Sosial. Jumlah dan persentase penduduk miskin pada maret 2009 – 2015 dari segi pertumbuhan penduduk lebih tinggi dibanding pertumbuhan penduduk miskin, hal iniperlu pengendalian pertumbuhan penduduk. Kemudian dari segi tingkat kemiskinan menurun, laju penurunan kemiskinan melambat membutuhkan penanganan yang konfrehensif (multisektor).

Kemudian materi pembahasan dilanjutkan dengan pembahasan strategi dan arah kebijakan penanggulangan kemiskinan, perencanaan dan implementasi strategi perlindungan sosial yang komprehensif, perencanaan dan implementasi strategi peningkatan dan perluasan pelayanan dasar, perencanaan implementasi stategi penghidupan yang berkelanjutan melalui kegiatan ekonomi produktif, serta peran kompak. (Bappeda SS)

 

21 September 2016 12:58:30 WIB Bappeda Terkini

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan