Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

HUT ke 70 Sumsel Momentum Introspeksi

PALEMBANG – Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, mengajak seluruh lapisan masyarakat Sumsel untuk memaknai peringatan hari jadi Provinsi Sumsel ke 70 sebagai momentum mengintrospeksi tentang apa yang sudah dilakukan selama 70 tahun ini.

Hal itu dilakukan sebagai upaya membawa Sumsel jauh lebih maju ke depan.

Menurut Alex, moment introspeksi ke belakang ini untuk mengevaluasi apakah sudah memadai atau tidak, serta sebanding atau tidak apa yang dilakukan untuk pembangunan Sumsel dengan perbandingan Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki Sumsel.

"Ini momentum yang baik, tetapi juga sangat kritis. Karena kalau salah langkah, salah strategi ke depan akan membawa Sumsel mundur ke belakang. Namun kalau strateginya tepat, Sumsel akan bisa melompat dan tidak akan terkejar oleh provinsi lain di Indonesia," ungkap Alex usai menghadiri Rapat Paripurna Istimewa IX DPRD Provinsi Sumsel dalam rangka Peringatan Hari Jadi ke 70 Provinsi Sumsel Tahun 2016 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sumsel, Rabu (18/5).

Dikatakan dia, HUT ke 70 ini juga menjadi momentum bagi Sumsel untuk melompat jauh ke depan lebih maju atau tetap di tempat tanpa kemajuan.

Menurutnya, untuk membawa Sumsel lebih maju ke depan diperlukan dukungan semua pihak, termasuk dukungan dari seluruh lapisan masyarakat Sumsel.

"Untuk itu, kepada para Bupati dan Walikota mari bersama-sama kita bagi tugas, saudara urus daerah masing masing dan upayakan harus selalu berada ditempat untuk mengawasi daerah masing-masing," harap Alex.

Dalam pidatonya, Alex menyampaikan banyak hal, diantaranya tentang mimpi besar Sumsel untuk maju menjadi provinsi terdepan di Indonesia.

Dijelaskannya, posisi Sumsel saat ini sudah diperhitungkan provinsi lain di Indonesia.

"Contohnya tahun ini saja APBN yang digelontorkan ke Sumsel untuk infrastruktur sebesar Rp 68 triliun lebih," ujar Alex.

Alex menambahkan, Pemerintah Indonesia menetapkan Sumsel sebagai tuan rumah Asian Games 2018 mendatang bukanlah hal yang mudah.

Menurutnya, semua ini tidak mudah namun Sumsel memiliki tekad, semangat, untuk maju dibanding provinsi lain.

"Sumsel bukan provinsi yang biasa saja, tetapi Sumsel provinsi yang sangat luar biasa," tegas Alex.

Senada ungkapkan Wakil Gubernur Sumsel, Ishak Mekki, sebagai masyarakat Sumsel sudah seharusnya semua bangga menjadi masyarakat Sumsel yang memiliki capaian pembangunan sangat luar biasa.

Menurutnya, walaupun bukan provinsi terkaya yang hanya memiliki APBD kurang lebih Rp 6 triliun, tetapi Sumsel mampu mewujudkan pembangunan yang luar biasa dengan bantuan Pemerintah Pusat melalui APBN.

"Ini semua membuktikan bahwa Sumsel memang dipandang sangat perlu didukung, baik ditingkat nasional maupun internasional. Karena banyak kemajuan di berbagai bidang yang sudah diraih," terang Ishak.

Sementara, Rapat Paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Sumsel, HM Giri Ramanda. Adapun tema HUT ke 70 Sumsel tahun ini yakni.

"Dengan semangat hari jadi Provinsi Sumsel ke 70 kita dukung pembangunan Sumsel di segala bidang menuju Asian Games 2018 mendatang,"katanya (Admin)

20 Mei 2016 09:53:21 WIB Seputar Sumsel

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan