Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Pelatihan Pengelolaan Data dan Informasi menggunakan Kerangka Kerja INSTANS

Palembang, 25 Februari 2016 Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, terhitung selama 3 (tiga) hari yang terlaksana dari tanggal 24 sampai dengan 26 Februari 2016 mengadakan pelatihan penggunaan PROGRAM INSTANS mulai dari pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai. Pelatihan ini digelar di ruangan rapat Bappeda Provinsi Sumatera Selatan.

Sementara itu, rapat dipimpin dan diarahkan oleh Kasi Pengolahan Data dan Informasi, mewakili Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan DR. Ekowati Retnaningsih, SKM., M.Kes. Dan diikuti oleh 7 Bidang di Lingkup Bappeda Provinsi Sumatera Selatan.

Mengapa Pemerintah Daerah perlu Sistem Informasi untuk pembangunan sumber daya lahan yang berkelanjutan ? hal ini dikarenakan ketersediaan data dan informasi yang shahih dan terkini diharapkan dapat mendukung perkembangan sumber daya lahan yang dapat berkelanjutan yaitu dengan membantu dalam menentukan ketetapan dan kecermatan pengambilan keputusan oleh pemerintah daerah atas permasalahan yang terjadi di wilayahnya.

Kenyataan yang dihadapi oleh banyak pemerintah daerah saat ini adalah banyak data dan informasi penting yang dibutuhkan dalam proses pembangunan daerah justru tersebar dan dikelola oleh berbagai lembaga pemerintah maupun non pemerintah di tingkat nasional, bahkan lembaga Internasional. Hal ini menyebabkan pemerintah daerah kurang mendapatkan dukungan data dan informasi pengelolaan sumber daya lahan secara lengkap, sehingga kondisi ini seringkali menghambat proses-proses pembangunan yang sedang dilaksanakan.

Dalam kaitannya dengan hal tersebut, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dalam hal ini Bappeda Provinsi Sumatera Selatan bekerja sama dengan Proyek Locally Appropriate Mitigation Actions in Indonesia (LAMA-i) yang didukung oleh World Agroforestry Centre (ICRAF), Deutsche Gesellschaft fur Internationale Zusammenarbeit (GIZ) GmbH, dan Ceter for Climate Risk and Opportunity Management (CCROM), akan mendukung pembangunan jaringan data spasial Daerah Provinsi sumatera Selatan dengan menggunakan kerangka kerja Information Sistem for Sustainable land Development (INSTANT).

Strategi dan kerangka kerja INSTANT secara keseluruhan difokuskan pada 4 komponen utama yaitu data dan metadata, sistem dan infrastruktur, sumberdaya manusia, dan peraturan dan kelembagaan, Sebagai awal dari proses pembangunan tersebut maka Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan bersama proyek LAMA-i menyelenggarakan diskusi dan pelatihan pengelolaa data dan Inormasi Bappeda menggunakan aplikasi INSTANT.

Kegiatan ini bertujuan mempersiapkan data dan metadata yang relevan dan shahih melalui proses konsolidasi dan kontrol kualitas data dari setiap Bidang di Bappeda Provinsi sehingga bisa menjadi satu basis data yang digunakan dalam melaksanakan perencanaan pembangunan maupun untuk mendukung dalam ketepatan pengambilan keputusan. Selain itu tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan kapasitas personel pengelola data Bappeda dalam mengelola basis data pembangunan sumberdaya lahan di Provinsi Sumatera Selatan. (Admin)

 

27 Februari 2016 08:21:44 WIB Bappeda Terkini

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan