Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

ROAD SHOW PENYAMPAIAN ARAH KEBIJAKAN RENCANA PEMBANGUNAN PROVINSI SUMATERA SELATAN TAHUN 2017 DI KOTA PAGAR ALAM

Palembang, 4 Febuari 2016 Road Show Penyampaian arah Kebijakan Pembangunan Provinisi Sumatera Selatan Tahun 2017 di Kota Pagar Alamdilaksanakan pada hari Selasa tanggal 2Februari 2016 di ruang Rapat Pemda Kota Pagar Alam, yang dipimpin oleh Asisten III Setda Kota Pagar Alam dan dihadiri oleh Para Asisten Sekda dilingkungan Kota Pagar Alam, Kepala Bappeda Kota Pagar Alam, Wakil ketua DPRD Kota Pagaralam,Para Kepala SKPD Kota Pagar Alam, Para Camat, Lurah, Kepala Bidang dan staf Bappeda Kota Pagar Alam. Sedangkan dari Bappeda Provinsi Sumatera Selatan diwakili oleh Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, beserta Kasubbid Pengairan dan Keciptakaryaan dan staf Bidang Sarpras. Acara road show dibuka dengan laporan Kepala Bappeda Kota Pagar Alam, dan dilanjutkan dengan arahan dari Asisten III Setda Kota Pagar Alam, serta paparan dari Bappeda Provinsi Sumsel.

Dalam laporan Kepala Bappeda Kota Pagaralam disampaikan juga mengenai tema pembangunan Kota Pagaralam dititikberatkan pada penerapan teknologi informasi untuk perbaikan peningkatkan pelayanan kepada masyarakat, peningkatan proses perencanaan dengan membangun e-planning.

 

Isu srategis Kota Pagaralam tahun 2017, antara lain masih rendahnya rumah tangga dengan akses air bersih layak, yaitu sebesar 32,19 %. Faktor yang menyebabkan masih rendahnya rumah tangga dengan air bersih layak antara lain disebabkan oleh faktor kondisi geografis, dimana sumber mata air di daerah pegunungan cukup baik, sehingga masyarakat hanya mengunakan sumur mata air dan air sungai.Untuk meningkat rumah tangga dengan air bersih layakperlu membuat Infrastruktur bangunan perlindungan sumber mata air dari pencemaran. Sedangkan bagi masyarakat yang mengambil air dari sungai, perlu dibangun Instalasi Pengelolahan Air Sederhana (IPAS) dengan menbentuk Asosiasi Badan Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum (BP-SPAM) ditingkat kelurahan/desa.

Sesuai dengan tema pembangunan Provinsi Sumatera Selatan tahun 2017 yaitu pariwisata berstandar internasional, sedangkan potensi kota Pagar Alam adalah pariwisata, maka prioritasnya adalah mengembangkan kawasan wisata strategis terutama di kawasan Gunung Dempo dan Gunung Gare. Pengembangan kawasan strategis pariwisata di Kota Pagar Alam perlu didukung dengan Aksesibilitas jalan, baik akses jalan Nasional (Ruas Simpang Dingin – Kota Pagar Alam – Tanjung Sakti – Batas Bengkulu), maupunjalan Provinsi (ruas Pagar Alam – Tanjung Raya; dan ruas Muara Siban - Simpang Embacang).

Untuk ruas jalan nasional di Kota Pagar Alam dalam tahun 2017 perlu dilakukan perlebaran, perbaikan jalan yang mengalami longsor dan pembangunan drainase jalan. Sedangkan untuk jalan Provinsi perlu penangan prioritas karena jalan provinsi tersebut melalui pusat Kota Pagar Alam.

Provinsi Sumatera Selatan tetap memprioritas terhadap rencana Kota Pagar Alam dalam membangun Jembatan Endikat, dengan mengalokasi anggaran dalam tahun 2016 untuk penyusunan Study Amdal Jembatan Endikat. Serta mengusulkan kepada pemerintah pusat melalui BPPJN III Sumsel untuk mereview RENSTRA BPPJN III tahun 2014 – 2019 pada ruas jalan Nasional (Ruas Simpang Dingin – Kota Pagar Alam – Tanjung Sakti – Batas Bengkulu)

 

Isu strategis pembangunan kota Pagar Alam dalam tahun 2017 antara lain; (1) perbaikan dan pembangunan sarana dan prasarana perkotaan, antara lain; drainase, persampahan, terminal, pasar. sarana perkantoran, irigasi. Peningkatan RS dari type D menjadi C,

05 Februari 2016 08:19:42 WIB Bappeda Terkini

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan