Roadshow Penyampaian Arah Kebijakan Rencana Pembangunan Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2017 di Kabupaten Musi Banyuasin

Penyampaian Arah Kebijakan Rencana Pembangunan Provinsi Sumsel ini, dipimpin oleh Kepala Bappeda Muba Ir Akmal Edy, dan dihadiri seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin.

Kepala Bappeda Provinsi Sumsel Dr. Ekowati Retnaningsih, SKM M.Kes selaku narasumber dalam acara tersebut menjelaskan secara umum ada 14 arah kebijakan pembangunan Provinsi Sumsel diantaranya meningkatnya ketertiban, keamanan dan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat, penanggulangan kemiskinan, berkembangnya usaha mikro, kecil dan menengah, pendidikan dan kesehatan berstandar nasional dan ASEAN (MEA).

Masih kata Ekowati Retnaningsih, dari 14 arah kebijakan tersebut tidak semuanya sesuai dengan situasi dan kondisi di Kabupaten Muba. "Kami mencatat yang perlu menjadi prioritas di Muba ada lima yaitu pencegahan kebakarahan hutan dan lahan, mengurangi jumlah angka kemiskinan, peningkatan rumah tangga dengan akses air bersih, peningkatan rumah tangga dengan akses sanitasi dan percepatan perda penetapan RTRW Kabupaten Muba",pungkasnya.


Hal senada juga disampaikan oleh Plt Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi, "Pada prinsipnya Kabupaten Muba sudah siap, siap mensinergikan arah kebijakan provinsi dengan kabupaten terutama dalam prioritas-prioritas yang disampaikan tadi, pencegahan kebakaran hutan, penurunan angka kemisikinan, akses sanitasi yang baik dan air bersih. Itu yang kita fokuskan", imbuhnya.