Rapat Koordinasi Data Kantong-Kantong Kemiskinan di Sumatera Selatan

Dipimpin Kepala Bidang Sosial dan Budaya Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Bapak DR. Ir. M. Yamin, M. P mewakili Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan Ibu DR. Ekowati Retnaningsih, SKM., M.Kes didampingi oleh Kepala Bidang Perekonomian Bappeda Provinsi Sumatera Selatan Bapak Aksoni, SE, MM.

Koordinasi data kantong-kantong kemiskinan ini semata-mata untuk merapatkan mengenai data kemiskinan yang akan dikumpulkan sehingga dapat menanggulangi dan mempercepat kemiskinan di Sumatera Selatan pada Tahun menjelang. Dihadiri oleh Disperindag Prov. Sumsel, Dinas Kehutanan Prov. Sumsel, Dinas Pendidikan Prov. Sumsel, Dinkes Prov. Sumsel, Dinas Pertanian Prov. Sumsel, Dinas Koperasi Prov. Sumsel, Dinas Perkebunan Prov. Sumsel, Dinas PU BM Prov. Sumsel, Balitbangnovda Prov. Sumsel, dan BPS Prov. Sumsel.

Penduduk miskin adalah penduduk yang memiliki rata-rata pengeluaran perkapita perbulan dibawah garis kemiskinan.

Rapat ini membahas mengenai batas garis kemiskinan, indeks kedalaman kemiskinan, persentase dan jumlah penduduk miskin Kabupaten/Kota Se-Sumsel, prioritas berdasarkan indikator-indikator, jumlah penduduk miskin di Kota Palembang yang telah dibedah dari berbagai Kecamatan dan dijadikan contoh dari persentase penduduk miskin Kota Palembang perKecamatan Tahun 2011. Disampaikan oleh Kepala Bidang Sosial dan Budaya Bappeda Provinsi Sumatera Selatan.

Adapun beberapa tolak ukur dari dimensi kemiskinan yaitu terkait permasalahan kemiskinan di Kota Palembang, antaralain; infrastruktur desa, ketenagakerjaan, dan sumber mata pencaharian. (Admin)