Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Bappeda Provinsi Sumsel Raih ISO 9001:2008 Sistem Manajemen Mutu

Palembang, 14 Desember 2015 Dalam rangka mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2008 Bappeda Provinsi Sumatera Selatan menyelenggarakan Audit External untuk mengimplementasikan pelaksanaan sistem manajemen mutu ISO serta komitmen manajemen dalam pengelolaan sumber daya sampai ke tahap analis data yang ada di Bappeda Provinsi Sumatera Selatan.

Pada sebelumnya telah dilakukan audit internal ISO 9001:2008 tentang penerapan sistem manajemen mutu, dilakukan oleh tenaga ahli ISO atau Tim Pendamping yang dipandu oleh Ibu Sari Narulita, SE, MM beserta Tim 21 auditor Bappeda Provinsi Sumatera Selatan pada Rabu 9 Desember 2015.

Audit external dilaksanakan selama dua hari terhitung tanggal 10-11 Desember 2015. dilakukan oleh Tim Auditor External dari NQA Audit (Bapak Hengky Dwi Jatmiko dan Bapak Tarmizi sebagai observer). Dipimpin oleh Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Ibu DR. Ekowati Retnaningsih, SKM., M.Kes yang dalam hal ini selaku Top Manajemen didampingi oleh Sekretaris Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Bapak H. Riza Pahlawi, SE, M.Si sebagai Wakil Manajemen dan dihadiri oleh seluruh Kepala Bidang beserta Staf Bappeda Provinsi Sumsel bertempat di Aula Bappeda Provinsi Sumatera Selatan.

Pelaksanaan audit didahului dengan opening meeting, Kamis 10 Desember 2015 pagi pukul 08.00 WIB untuk menjelaskan ruang lingkup audit dan kriteria temuan audit yang akan di observasi pada Top Manajemen, Wakil Manajemen, dan Kepala Bidang yang mewakili tiap bidangnya masing-masing.

kemudian audit external ini ditutup dengan closing meeting pada Jumat 11 Desember 2015 pukul 16.00 WIB. Dari hasil audit, auditor memaparkan bahwa "proses penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) telah sesuai dengan jadwal yang ditetapkan dalam peraturan Gubernur Sumatera Selatan dan layak untuk mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2008".

Dengan penuh rasa bangga, pada kesempatannya Ibu Ekowati Retnaningsih terlihat sangat berkomitmen untuk segera menerapkan sistem manajemen mutu kedepannya dan berharap bahwa nantinya hasil yang telah didapat dari kegiatan ini akan dapat segera dilaksanakan sesuai sistem pengelolaan manajemen mutu yang baik, sehingga kinerja Bappeda Provinsi Sumatera Selatan memiliki kinerja yang sesuai dengan standar sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 serta dapat menerapkan sistem yang sesuai dengan persyaratan sistem dokumentasi yang berbasis sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 secara konsisten, serta terus mengevaluasi dan akan memelihara penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008.

Sistem manajemen mutu ini akan diterapkan di Bappeda Provinsi Sumatera Selatan berguna untuk mengetahui kebutuhan dan kepuasan pelanggan secara akurat, menetapkan proses yang dibutuhkan untuk mencapai keberterimaan produk yang sesuai persyaratan pelanggan, memastikan proses selalu terkendali, memecahkan masalah kualitas, menyediakan kerangka kerja untuk perbaikan berkeseinambungan sehingga Bappeda Provinsi Sumatera Selatan dapat mewujudkan lembaga perencana yang andal dan akuntabel berbasis kebutuhan masyarakat menuju Sumsel sejahtera, lebih maju dan berdaya saing Internasional sesuai yang terangkum pada visi dan misinya. (Admin)

15 Desember 2015 08:27:25 WIB Bappeda Terkini

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan