Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Musrenbang RKPD Kabupaten PALI

Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pali pada tahun 2013, menunjukkan hasil yang meningkat, dimana di tahun 2012 sebesar 3,21 persen meningkat menjadi 4,23 persen di tahun 2013. Sebagai daerah otonomi baru hal ini menunjukkan bahwa wilayah ini sedang giatnya membangun sehingga perputaran ekonomi dalam masyarakat yang digerakkan oleh swasta dan pemerintah terus meningkat. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, yang diwakili oleh Kepala Bidang Program Data dan Informasi, H. Riza Pahlawi, SE, M.Si, dalam sambutannya pada acara Musrenbang Kabupaten Pali, Senin 23 April 2015.

Musrenbang dilaksanakan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten PALI Tahun 2016. Acara dibuka oleh Penjabat Bupati PALI, Ir. H. Heri Amalindo dihadiri seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), tokoh masyarakat dan tokoh agama serta Forum Komunikasi Pemerintah Daerah. Penjabat Bupati Pali sendiri menegaskan bahwa saat ini kondisi Kabupaten PALI sangat kondusif. Kondisi ini sangat diperlukan untuk membangun PALI agar dapat lebih maju dan bersaing dengan kabupaten atau kota lainnya di Sumatera Selatan.


Sebagai kabupaten yang baru berdiri, PALI memang membutuhkan kerja keras. Salah satunya dalah dari sisi pendapatan daerah. Sementara Jika dilihat dari Pertumbuhan PDRB, menunjukkan bahwa penyumbang terbesar PDRB adalah Sektor Pertambangan dan Penggalian mencapai 56,62 persen. Kemudian disusul oleh Sektor Pertanian 16,95 persen dan Sektor Perdagangan, Hotel dan Restoran 10,40 persen.


Sudah menjadi ciri khas di Sumatera Selatan bahwa Sektor Pertambangan dan Penggalian menjadi sektor utama penyumbang PDRB. Namun demikian harus sadari bahwa sektor tersebut bersifat padat modal artinya kurang menyerap tenaga kerja, sedangkan sebagian masyarakat kita memiliki mata pencaharian sebagai petani yang pada umumnya berpenghasilan masih cukup rendah. Untuk itu sangat diperlukan kebijakan yang tepat oleh Pemerintah Daerah untuk menyeimbangkan antara kedua sektor tersebut sehingga akan memberikan manfaat yang seimbang pula baik terhadap pendapatan daerah maupun pendapatan masyarakat.


Seusai pembukaan acara dilanjutkan dengan pembahasan usulan-usulan dari kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten PALI.

(admin)

25 Maret 2015 16:49:39 WIB Bappeda Terkini

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan