Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Legislator Sumsel usulkan pembangunan dua jembatan layang

Ketua Komisi IV DPRD Sumatera Selatan menyatakan pihaknya berencana untuk mengusulkan pembangunan dua unit jembatan layang lagi di Kota Palembang guna mengatasi kemacetan arus kendaraan di kota tersebut.

Ketua Komisi IV DPRD Sumatera Selatan, Edward Jaya di Palembang, Rabu menyampaikan hal itu ketika ditanya mengenai pembangunan jembatan layang tersebut.

Menurut dia, untuk pembangunan jembatan layang itu kemungkinan pada tahun 2016, karenanya pihaknya akan mengusulkan anggarannya ke pemerintah pusat.

Dua jembatan layang yang akan diusulkan untuk dibangun itu yakni di simpang Charitas dan simpang Bandara SMB II Palembang, karena arus kendaraan yang melintas di lokasi tersebut cukup padat.

Ia mengatakan, untuk anggaran dananya diajukan dulu ke pemerintah pusat, karena itu jalan negara, tetapi bisa saja nantinya patungan dengan Pemprov Sumsel.

Ia mencontohkan, untuk pembangunan jalan terowongan (underpass) simpang patal saja anggarannya seluruhnya dari pusat.

Mengenai besaran anggaran untuk pembangunan dua jembatan layang itu, diperkirakan mencapai Rp400 miliar, jadi masing-masing Rp200 miliar termasuk pembebasan lahan.

Dana yang diperlukan untuk pembebasan lahan itu seperti di Jalan Sudirman Palembang bisa saja per meternya mencapai Rp10 juta, sedangkan di simpang bandara kemungkinan tidak terlalu tinggi, karena jalannya sudah lebar, katanya.

Sementara, pantauan kendaraan yang melintas di simpang Charitas cukup padat, begitu pula di simpang bandara terutama pada saat jam sibuk.

Sekarang ini di Kota Palembang sudah ada satu jembatan layang di simpang Polda Sumsel, kemudian satu lagi di simpang Jakabaring, tetapi masih dalam tahap pembangunan dan satu jalan terowongan simpang patal baru selesai pembangunannya.

 

http://www.antarasumsel.com/berita/292757/legislator-sumsel-usulkan-pembangunan-dua-jembatan-layang

12 Maret 2015 08:35:26 WIB Seputar Sumsel

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan