Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Kementerian PU Uji Konstruksi Duplikasi Musi II

Proyek pembangunan Duplikasi Jembatan Musi II Palembang, kini memasuki tahapan uji keselamatan yang dilakukan Tim Audit Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dari pusat sebelum dilakukannya ujicoba yang dibuka untuk umum.

Dari pantauan Sripoku.com Senin (9/3/2015), tampak Tim Audit Kementerian PU dan juga perwakilan dari Direktorat Bina dan Teknologi (Bintek) Kementerian PU, melakukan pengecekan secara teliti proyek pembangunan jembatan yang membelah perairan Sungai Musi ini. Bahkan tiap inci proyek pembangunan jembatan dilakukan pengecekan langsung dengan alat-alat khusus yang dibawa tim audit.

Mulai dari pengecekan kondisi ruas jalan jembatan, marka jalan jembatan, kontruksi rangka besi jembatan, kabel hanger jembatan, pagar jembatan dan bagian kontruksi jembatan lainnya yang tak luput dari pengecekan tim audit. Pengecekan yang dilakukan tim audit merupakan bagian dari tahapan uji keselamatan sebelum dilakukan ujicoba untuk umum.

Tim audit juga memantau langsung para pekerja yang melakukan penyetelan kabel hanger jembatan yang berfungsi sebagai penyambung rangka kontruksi jembatan. Setiap kabel hanger jembatan yang memiliki daya tahan bobot seberat 150 ton, juga berfungsi sebagai daya tahan jembatan untuk menahan tiap bobot atau beban yang melintasi jembatan.

Kepala Satker Pelaksana Jalan Metropolis Palembang Balai Besar Jalan Nasional (BBJN) III Aidil Fitrisyah mengatakan, uji keselamatan merupakan prosedur yang dilakukan dalam setiap proyek pembangunan, terutama proyek pembangunan yang diperuntukan bagi masyarakat umum atau publik.

"Tim audit melakukan pengecekan dan melakukan pendataan pada setiap kontruksi yang dicek secara langsung. Tentunya setelah dilakukan pengecekan, akan ada hasilnya. Namun hasilnya terlebih dulu dibahas atau dievaluasi jika ditemukan ada kekurangannya. Intinya saat ini masih tahapan uji keselamatan yang dilakukan pihak pusat," ujar Aidil.

Aidil mengatakan, meskipun uji keselamatan dari Kementerian Pusat sudah dilakukan, namun untuk tahapan ujicoba belum bisa ditentukan kapan waktunya. Dikarenakan hasil dari uji keselamatan masih perlu dilakukan evaluasi terlebih dulu dan kemudian akan ada tinda lanjutnya setelah uji keselamatan.

"Kita tidak bisa memastikan kapan dilakukan ujicoba. Pastinya dalam waktu dekat ini akan ada ujicoba. Tapi pastinya setelah ada hasil pembahasan dari uji keselamatan. Saat ini saja sembari dilakukan uji keselamatan, pekerja juga masih sibuk melakukan penyetelan kabel hanger yang harus dilakukan secara teliti demi hasil yang maksimal dan keamanan bagi masyarakat," ujarnya.

 

http://palembang.tribunnews.com/2015/03/09/kementerian-pu-uji-konstruksi-duplikasi-musi-ii

11 Maret 2015 10:49:43 WIB Seputar Sumsel

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan