Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Pembangunan Sumsel Jadi Motivasi Provinsi Lain

Komisi V DPR RI menilai hasil pembangunan Sumsel jadi buah manis perjuangan daerah selama beberapa tahun terakhir. Meski Sumsel berada di Pulau Sumatera, di mana notabene fokus pembangunan pemerintah pusat, tapi Sumsel membuktikan diri sebagai daerah yang bisa bersaing dengan daerah lain di dunia.

Anggota Komisi V DPR RI, Sukur Nababan mengungkapkan, perjuangan Sumsel menjadi daerah yang diperhitungkan patut diapresiasi. Bahkan legislator dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini menyebut Sumsel sebagai daerah yang patut ditiru keberhasilannya di bidang pembangunan.

"Sumsel sebagai contoh dan motivasi. Daerah lain memang patut meniru Sumsel. Apa yang dibawa pak Alex sebagai Gubernur Sumsel adalah jangan pernah bermimpi untuk menjadi besar," kata pria kelahiran Padang dan mendapat suara dari Daerah Pemilihan (Dapil) VI Jawa Barat, saat bertemu Alex Noerdin di Griya Agung Jalan Demang Lebar Daun Palembang, Rabu (25/2/2015).

Dalam pertemuan anggota Komisi V DPR RI kemarin, Alex memang mendapat sambutan baik karena pekerjaannya yang dianggap sukses. Seperti menjadikan Tanjung Api Api (TAA) disahkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), perjuangan membawa rencana Jalan Tol Palembang-Indralaya dan Palembang-Betung sebagai program kerja nasional.

Serta beberapa proyeksi ke depan hingga pelaksanaan Asian Games tahun 2018. Menurut Sukur, percepatan pembangunan di Sumsel menghadapi event olahraga bergengsi se-Asia itu akan menjadi milik seluruh daerah di Sumatera.

"Apa yang dilakukan beberapa tahun ke depan bukan untuk Asian Games saja, tapi menjadikan Sumsel sebagai penggerak pembangunan di Pulau Sumatera. Jika sudah begini tentu Komisi V mendukung apa yang sudah direncanakan Sumsel ke depan," ucapnya.

 

http://palembang.tribunnews.com

Wakil Ketua Komisi V DPR RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Yudi Widiana menegaskan, kondisi Sumsel terkini mendorong pihaknya mendukung rencana ke depan. Bahkan meminta mitra kerjanya di pemerintahan memfokuskan pekerjaan di Sumsel.

Seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Negara Pembangunan Daerah Tertinggal, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Badan SAR Nasional atau Basarnas.

"Kami merasa terpanggil untuk membantu Sumsel. Perlu didukung, anggota Komisi V pun siap sehingga bisa membantu apa yg diinginkan. Tinggal memantau proyeksi kerja kementerian dalam rapat perencanaan kegiatan tahun 2016 mulai April-Mei, apakah ada kegiatan yang berkaitan dengan Sumsel. Bila ada akan kita setujui demi kebaikan pembangunan," terangnya.

Gubernur Alex Noerdin berujar, Sumsel tak cuma membutuhkan dukungan pemerintah menjadi daerah yang fokus pada peningkatan infrastruktur apalagi jelang Asian Games. DPR RI menurutnya turut membantu kesuksesan Sumsel ke depan.

"Sumsel punya banyak agenda pembangunan ke depan. Masih ada waktu kurang dari tiga tahun lagi melengkapi infrastruktur pendukung menghadapi Asian Games. Semoga dukungan yang diberikan Komisi V bisa direalisasikan dalam persetujuan anggaran," terangnya.

 

http://palembang.tribunnews.com

26 Februari 2015 08:07:20 WIB Seputar Sumsel

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan