Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Alex Noerdin: Palembang Dipasangi 36 CCTV

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin menargetkan kota Palembang akan terpasang 36 CCTV di 36 titik yang ada di Kota Palembang. Hal ini dilakukan sebagai Sumsel khususnya Palembang untuk persiapan Asian Games sebagai tuan rumah.

"Sekarang ini baru 17 CCTV yang terpasang dari 36 yang ditargetkan. Memang, untuk kegiatan internasional seperti Asian Games, perlu terciptanya kota yang aman," ujar Alex ketika ditemui usai peresmian Gedung Ditreskrimum Polda Sumsel dan penyerahan hibah kendaraan kepada Polda Sumsel dan jajaran, Selasa (24/2/2015).

Lanjutnya, tidak hanya penanganan hukum yang perlu dilakukan, akan tetapi yang paling diutamakan pencegahan. Maka dari itu Pemprov Sumsel melakukan pemasangan CCTV di seluruh kota Palembang agar dapat melakukan pencegahan sejak dini.

Tak hanya itu, menurut Alex juga perlu persiapan dari segenap lapisan termasuk Polda dan Kodam sebagai penegak hukum dan menjaga keamanan. Dengan waktu yang ada, nantinya juga para personil juga perlu mendapatkan pelatihan. Dengan adanya pelatihan yang dilakukan pengamanan dan pelayanan yang diberikan dapat lebih maksimal. Karena even ini tidak hanya menyangkut nama baik Sumsel akan tetapi juga Indonesia. Tak hanya itu, dukungan masyarakat juga sangat diperlukan untuk menciptakan ketertiban dan keamanan menjelang, selama pelaksanaan dan penutupan Asian Games.

"Sekarang kita lagi bersaing dengan Jakarta untuk memperebutkan cabor-cabor yang paling banyak mendalinya. Selain itu, kita juga lagi bersaing untuk memperebutkan pembukaan atau penutupan bahkan pembukaan dan penutupan dilaksanakan di Palembang," ungkapnya.

Ketika disinggung mengenai maraknya aksi pencopetan di Palembang, menurut orang nomor satu Sumsel ini akan dilakukan koordinasi tidak hanya dengan Polda tetapi juga Kodam.

"Oh yo, banyak copet, ngapo aku idak pernah kecopetan," katanya sambil bercanda kepada wartawan.

Tetapi menurutnya, dimana pun kegiatan yang dilaksanakan bahkan olimpiade pun jika tidak berhati-hati bisa menjadi korban pencopetan. Namun, diharapkan semuanya mendapat dukungan dari semua pihak dan masyarakat Sumsel.

Even Asian Games ini dapat membawa perekonomian Sumsel jauh lebih berkembang dan lebih dikenal dunia. Dengan peningkatan perekonomian Sumsel, secara langsung efeknya juga akan membuat masyarakat bisa lebih sejahtera.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Iza Fadri menuturkan, sebenarnya Polda Sumsel dan jajaran selalu siap mendukung semua kebijakan yang dilakukan Pemprov Sumsel teerlebih untuk kegiatan internasional yang akan dilaksanakan di Sumsel.

"Polri khususnya Polda akan selalu dekat dengan Pemprov Sumsel dan mendukung kegiatan demi kemajuan Sumsel. Tetapi, masyarakat juga harus mendukung kegiatan yang dilaksanakan," ujarnya.

Begitu pula Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Iskandar M Sahil, Kodam II Sriwijaya dan jajaran siap mendukung untuk mensukseskan perhelatan akbar yang nantinya akan dilaksanakan di Sumsel.

"Kodam siap mendukung, bersama Polri sama-sama kita sukseskan apa yang telah direncanakan Pemprov Sumsel," ungkapnya.

 

http://palembang.tribunnews.com

26 Februari 2015 07:55:12 WIB Info Publik

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan