Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Alex Noerdin: Pembebasan Lahan Jalan Tol Palembang-Betung 'Beguyur'

Menteri PU dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono mengatakan, dalam penggarapan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Lampung-Palembang, bakalan mulus untuk segera dikerjakan. Hal tersebut karena proses pembebasan lahan saat ini baik dari Kayuagung-Palembang, Indralaya-Palembang dan Palembang-Betung saat ini sudah 100 persen telah dibebaskan. Sedangkan untuk Lampung sendiri kita telah menurunkan dua tim untuk melakukan pembebasan lahan tersebut.

"Kalau semua beres kita inginya April semua sudah bisa melakukan pengerjaan," ujarnya usai melakukan rapat di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Senin (23/2/2015).

Sementara Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengaku, saat ini proses pembebasan lahan di Sumsel untuk Kayuagung-Palembang, Palembang-Indralaya telah selesai 100 persen, namun untuk Palembang-Betung sedang dalam proses dan dalam waktu dekat semua selesai.

"Yah kalau untuk Palembang-Betung kita beguyur (pelan-pelan), tapi dalam waktu dekat selesai," ungkapnya kepada Sripoku.com

Rencananya, megaproyek ini akan dimulai dengan menyelesaikan lebih dulu paket I, yaitu tol antara Palembang – Indralaya (22 km, di Sumatera Selatan), Bakauheuni – Terbanggi Besar (150 km, Lampung), Pekanbaru – Dumai (135 km, Riau) dan Tebing Tinggi – Medan (62 km, Sumatera Utara).

Menteri PU dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki menegaskan, pembangunan tersebut bukan hanya terfokus pada Jalan Tol Trans Sumatera, namun juga akan dibangun kawasan ekonomi mulai dari Merak, Bakahuni, Lampung, Palembang hingga Tanjung Api-Api (TAA) sebagai simpul tol laut program Nawacita Presiden.

"Jadi rapat ini untuk membicarakan masalah progres pembangunan tersebut, rencananya mulai dari mulut tol Merak hingga Palembang, akan dibuat 4 lajur, dengan median ditengah," katanya.

 

http://palembang.tribunnews.com

24 Februari 2015 07:57:28 WIB Seputar Sumsel

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan