Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Pemprov Ajukan Belasan Mobil Dinas Baru

Pemprov Sumsel mengajukan pengadaan mobil dinas baru tahun 2015, menggantikan unit lama yang sudah berjangka waktu lewat dari 10 tahun.

Menurut Kepala Biro Umum dan Perlengkapan, Robby Kurniawan, belasan unit baru telah diusulkan. Namun dirinya belum dapat memastikan berapa unit yang disetujui oleh DPRD Sumsel

"Kalau di Sekretariat Daerah saja kita usulkan 10 unit, karena untuk Kepala Biro atau Eselon II yang berjumlah 10. Belum lagi Kepala Bagian yang belum semua memiliki kendaraan dinas, tapi tidak seluruhnya bisa diakomodir tahun ini," kata Robby saat ditemui di ruang kerja, Senin (5/12/2014).

Ia menjelaskan, pengadaan kendaraan dinas baru yang ditangani Biro Umum dan Perlengkapan hanya meliputi Sekretariat Daerah (Setda). Sedangkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) seperti Dinas dan Badan menganggarkan dari dana sendiri.

"Ada dua jenis kendaraan dinas, yakni untuk pemegang jabatan dan operasional. Kalau level Kepala Biro memiliki kendaraan dinas sesuai jabatan, sedangkan kendaraan operasional bisa digunakan oleh Kepala Bagian," terangnya.

Robby menegaskan bila pengadaan kendaraan dinas tahun ini disebabkan efisiensi anggaran. Kendaraan lama yang sudah disebut uzhur, dipastikan Robby bisa menghabiskan biaya perawatan besar ketimbang membeli unit baru.

Masih kata dia, unit yang akan digunakan oleh Kepala Biro dan Kepala Bagian itu berjenis Kijang Innova. Namun tipenya masih di bawah yang digunakan oleh Gubernur Sumsel, Alex Noerdin saat ini yakni Kijang Innova Facelift 2014.

"Kita tahu kalau kendaraan yang sudah lama membutuhkan lebih banyak pengeluaran. Karena pertimbangan hal itu dan instruksi pemerintah pusat terkait penghematan, makanya diusulkan mobil dinas baru. Tapi tipe dan harganya di bawah Kijang Innova yang dipakai pak Gubernur," jelasnya.

 

http://palembang.tribunnews.com

06 Januari 2015 11:03:48 WIB Seputar Sumsel

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan