Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Persiapan Fasilitas Olahraga POM ASEAN 90 persen

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Persiapan fasilitas olahraga Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) "ASEAN University Games 2014" di Palembang 10-21 Desember 2014 sudah 90 persen rampung.

 

"Opening ceremony dijadwalkan 10 Desember 2015. Jadi perkiraan kita dua atau tiga hari sebelum acara pembukaan dimulai semuanya sudah rampung. Sekarang diperkirakan sudah 90 persen kesiapannya," kata Sekretaris Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia Sumatera Selatan Taufik Arief di Jakarta, Kamis.

Taufik menambahkan persiapan cabang olahraga wushu, pencak silat ataupun karate sempat terkendala matras, karena koordinasinya harus dilakukan pengurus besar masing-masing cabang olahraga. Sementara persoalan teknis lainnya seperti ketersediaan air ataupun listrik sudah ditangani.

"Boleh dikata sekarang ini persiapannya sudah mengerucut pada persiapan teknis di setiap venue. Ketika ditemukan kendalanya, langsung ditangani mengingat pelaksanaan pertandingannya dimulai tanggal 10 Desember nanti. Cabang olahraga sepakbola sudah dimulai tanggal 8 Desember," katanya.

Deputi Bidang Sport dan Kompetisi di ajang ini mengatakan, pelaksanaan "ASEAN University Games 2014" akan memertandingkan 20 cabang olahraga, namun tidak semuanya akan dilaksanakan di Gelanggang Olahraga Jakabaring, Palembang.

Beberapa cabang olahraga seperti basket, bridge, catur, bola voli dan tenis meja akan dilaksanakan di luar.

"Sebagian besar pertandingan cabang olahraga akan dipusatkan di Jakabaring. Kira-kira ada 80 persen dari semua cabang olahraga. Sisanya akan dilaksanakan di luar," katanya.

Sementara, pada Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) ASEAN 2012 di Vientiane, Laos, Indonesia hanya mampu menempati urutan empat klasemen akhir dengan perolehan 41 emas, 52 perak dan 61 perunggu. Sementara Malaysia menjadi juara umum setelah mengoleksi 60 emas, 48 perak, dan 72 perunggu.

 

www.antarasumsel.com

04 Desember 2014 17:10:19 WIB Berita Terkini

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan