Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Pemprov Sumsel Penghematan Kurangi Perjalanan Dinas

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera akan mengurangi perjalan dinas untuk menghemat dana sesuai dengan keputusan pemerintah pusat agar setiap provinsi dan kabupaten serta kota melakukan penghematan anggaran.

 

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin di Palembang, Kamis mengatakan, memang nantinya perjalanan dinas akan diskala prioritaskan termasuk pegawai yang akan ikut serta.

Begitu juga studi banding akan dikurangi dan bila perlu cukup menggunakan surat menyurat, kata dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, kebijakan itu bukan karena pemotongan anggaran tetapi sebagai penghematan agar dana dapat diserap untuk kepentingan masyarakat banyak.

Sementara untuk besaran penghematan anggaran tersebut, menurut dia, dilakukan sebesar mungkin dan nantinya perjalan dinas menggunakan skala prioritas.

Sebenarnya penghematan anggaran tersebut sudah lama dilakukan karena setiap perjalanan dinas pihaknya mempertimbangkan untung ruginya.

Bila perjalanan dinas tidak bermanfaat bagi kepentingan pembangunanan maka itu tidak dilaksanakan.

Sebelumnya Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel Mukti Sulaiman mengatakan, dalam perjalanan dinas memang ada skala prioritasnya.

Bahkan, sebelum PNS melakukan perjalanan dinas harus ada surat izin dari kepala dinas atau atasan bersangkutan.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Pemerintah Provinsi Sumsel Laonma PL Tobing mengatakan, memang penghematan anggaran sudah diberlakukan sejak lama.

Bahkan, perjalanan dinas hanya dilakukan bila memang menjadi kebutuhan untuk pembangunan, tambah dia.

 

www.antarasumsel.com

28 November 2014 10:42:59 WIB Info Publik

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan