Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Pemprov maksimalkan pembangunan rel ka TAA

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan memaksimalkan pembangunan jalur kereta api menuju kawasan Pelabuhan laut Tanjung Api Api, Kabupaten Banyuasin dengan mengajak para investor.

Langkah memaksimalkan pembangunan rel kereta api (KA) itu setelah adanya perusahaan yang siap, kata Asisten Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Pemerintah Provinsi Sumsel Ruslan Bahri di Palembang, Senin.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya terus menyusun baik perencanaan pembangunan, tender maupun pelaksana agar proyek bisa secepatnya berjalan.

Sementara desain bangunan sudah ada, jadi nanti usai tender, kontraktor diminta tidak mengubah desain umum dan jalur yang sudah ditentukan secara keseluruhan, ujarnya.

Pihaknya telah menentukan jalur yang dilalui dari Tanjung Enim menuju ke kawasan rencana pelabuhan samudera Tanjung Api Api tersebut.

Kabupaten yang akan dilalui jalur tersebut diantaranya Muara Enim, Lahat, PALI, Musi Rawas Utara, Musi Banyuasin dan Banyuasin.

Bahkan, direncanakan ada jembatan bentang yang dilalui jalur tersebut yakni membelah Sungai Musi dan Lematang.Sementara lahan yang dibutuhkan dalam pembangunan jalur Kereta Api itu seluas 2.250 hektare.

Pemerintah Provinsi Sumsel berharap secepatnya pembangunan rel kereta api itu segera direalisasikan. Namun pastinya membutuhkan modal yang besar, sementara saat ini masih persiapan tender yang diharapkan dalam waktu dekat ini terealisasi, tambahnya.

 

www.antarasumsel.com

24 November 2014 14:22:08 WIB Info Publik

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan