Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Pemprov Sumsel Prioritaskan Pembangunan Pelabuhan Kawasan TAA

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memprioritaskan pembangunan pelabuhan kawasan Tanjung Api-Api, Kabupaten Banyuasin dalam menunjang tol laut.


Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Pemerintah Provinsi Sumsel Musni Wijaya di Palembang, Jumat mengatakan, pihaknya telah menyampaikan kembali kepada pemerintah pusat mengenai pengembangan kawasan pelabuhan Tanjung Api-Api.

Memang, lanjut dia, ada tiga pelabuhan yang akan dibangun di kawasan tersebut yakni pelabuhan samudera, pelabuhan penyeberahan dan pelabuhan Tanjung Carat yang juga berfungsi untuk angkutan batu bara.

Itu sudah disampaikan kembali kepada pemerintah pusat dan semuanya menjadi prioritas dalam pembangunan Sumsel, ujarnya.

Ia mengatakan, sekarang ini yang sudah beroperasi pelabuhan penyeberangan menuju provinsi Bangka Belitung. Pelabuhan untuk angkutan barang menuju provinsi tetangga tersebut pengalihan dari 35 Ilir Palembang.

Sementara pelabuhan Tanjung Carat pihaknya telah melakukan kerja sama dengan PT Pelindo II. Yang jelas pembangunan pelabuhan tersebut untuk mendukung program pemerintah pusat dalam memaksimalkan angkutan laut.

Bukan itu saja, lanjut dia, dalam menunjang pengembangan kawasan Tanjung Api - Api pihaknya sekarang telah membangun jalan. Hal ini karena areal Tanjung Api-Api bukan hanya dibangun pelabuhann tetapi juga Kawasan Ekonomi khusus.

Jadi fasilitas pendukung harus dipersiapkan supaya kawasan tersebut dapat meningkatkan perekonmian masyarakat, tambahnya.

 

www.antarasumsel.com

21 November 2014 09:56:42 WIB Info Publik

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan