Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Musi Triboatton Supaya Promosikan Pariwisata Sumsel

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Kegiatan The 3rd Musi Triboatton akan digelar di Sumatera Selatan, 24 - 29 November 2014 diharapkan mampu mempromosikan pariwisata sekaligus mempopulerkan Sumsel ke publik yang lebih luas.

Direktur Jenderal Pemasaran Pariwisata Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuti di Jakarta, Minggu, mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) menyelenggarakan Musi Triboatton yang tahun ini memasuki tahun ketiga pelaksanaan.

"Musi Triboatton merupakan perlombaan yang menggabungkan tiga cabang olah raga yaitu arung jeram, kayak, dan perahu naga mengarungi Sungai Musi dengan total panjang jalur kurang lebih sejauh 523 Km. Kami harap ini bisa mendongkrak kinerja sektor pariwisata Sumsel," kata Esthy.

Ia mengatakan dalam kegiatan itu para peserta berlomba menyusuri sungai yang melewati 4 wilayah kabupaten dan 1 kota yaitu Kabupaten Empat Lawang, Musi Rawas, Musi Banyuasin, Banyuasin, Kota Palembang dan berakhir di Jembatan Ampera.

Musi Triboatton yang tahun ini bertema Sport, Challenge, and Tourism itu kata Esthy bukan semata fokus pada kompetisi olah raga namun juga ingin mengangkat sektor pariwisata dan budaya yang ada di Sumatera Selatan.

"Acara ini dirangkai pagelaran tradisional untuk menyemarakan rangkaian acara," katanya.

Sebelas tim akan berpartisipasi dalam event kali ini, terdiri dari 7 tim dari luar negeri (Malaysia, Singapura, Iran, Filipina, Korea, Hongkong, dan Brunei) dan 4 tim dari dalam negeri (Jambi, Riau, dan 2 tim dari Sumatera Selatan).

Peserta akan melewati beberapa tahapan yang terdiri dari etape 1: Tanjung Raya - Tebing Tinggi (35 Km), etape 2: Tebing Tinggi - Muara kelingi (140 Km), etape 3: Muara Kelingi - Sekayu (165 Km), etape 4: Sekayu - Pengumbuh (108 Km), dan etape 5: Pengumbuh - Palembang (75 Km).

Esthy menambahkan selain untuk meningkatkan kegiatan wisata alam dan budaya di Indonesia melalui olahraga dayung, event ini bertujuan untuk mempromosikan seluruh destinasi wisata Sumatera Selatan, khususnya wisata sungai Musi yang menjadi ikon dari Sumatera Selatan.

Musi Triboatton, kata dia, juga bertujuan untuk memacu bidang pengembangan sarana prasarana dan perbaikan pola hidup masyarakat setempat ke tingkat yang lebih baik dengan membuka akses dan peluang investasi ke pasar nasional dan internasional.

"Secara lebih luas lagi, event ini mempunyai misi untuk meningkatkan kualitas daerah aliran sungai dan mempopulerkan wisata river cruise dengan memanfaatkan potensi yang ada di Sungai Musi dan sekitarnya," katanya.

Di samping itu, penyelenggaraan tahunan Musi Triboatton ini juga dijadikan media pengembangan bakat atlet dayung Indonesia.

Esthy mengatakan Musi Triboatton 2014 ini lebih istimewa karena kegiatan ini sudah terdaftar dalam International Dragon Boat Federation tertanggal 1 September 2014 dengan nomor sertifikat afiliasi 14132.

 

www.antarasumsel.com

10 November 2014 14:53:30 WIB Berita Terkini

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan