Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Pemprov Sumsel Percepat Pengembangan Pelabuhan Tanjung Carat

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mempercepat pengembangan Pelabuhan Tanjung Carat di kawasan Tanjung Api Api, Kabupaten Banyuasin melalui kerja sama dengan PT Pelabuhan Indonesia II.

Asisten Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Pemprov Sumsel, Ruslan Bahri di Palembang, Selasa, membenarkan bahwa Pemprov Sumsel telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II.

Penandatangan kerja sama itu dilaksanakan di Jakarta belum lama ini dan langsung oleh Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin.

"Kerja sama itu untuk membangun kemitraan antara Pemprov Sumsel dengan Pelindo II dalam mengatur pengelolaan alur pelayaran Sungai Musi dari hulu sampai ambang luar," ujar dia.

Selain itu, rencana pembangunan terminal batubara di hulu Sungai Musi yang bertujuan untuk mengoptimalkan pengangkutan hasil tambang tersebut guna mendorong pertumbuhan ekonomi Sumsel.

Yang jelas kerja sama itu juga untuk mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api Api karena pelabuhan tersebut berada di areal tersebut.

Lebih lanjut, dia mengatakan kawasan ekonomi khusus tersebut milik Pemprov Sumsel dan Pemerintah Kabupaten Banyuasin yang berlokasi di Tanjung Api Api.

"Jadi bila kawasan ekonomi khusus itu selesai maka pertumbuhan perekonomian di daerah ini akan semakin meningkat," ujar dia.

Sehubungan itu pihaknya juga meminta dukungan semua pihak sehingga pengembangan kawasan Tanjung Api Api termasuk pelabuhan tersebut secepatnya rampung.

 

www.antaranews.com

05 November 2014 08:04:18 WIB Info Publik

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan