Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Gubernur: Masyarakat Tak Perlu Kuatir Hadapi MEA

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubenur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir dalam menghadapi pasar bebas ASEAN atau MEA mendatang.

"Yang penting mempersiapkan diri untuk melakukan hubungan dagang," kata Gubernur pada acara rapat koordinasi daerah Tim Pembina Jasa Konstruksi di Palembang, Senin.

Apalagi dari jaman dahulu Sumsel sudah melakukan perdagangan cukup luas seperti pada kerjaan Sriwijaya, kata dia.

Oleh karena itu menghadapi pasar bebas nanti tidak perlu khawatir yang peting mempersiapkan diri secara maksimal.

Apalagi jika pemerintah daerah diberikan kewenangan lebih dalam membangun daerah maka dapat dipastikan pertumbuhan ekonomi semakin cepat, kata dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, selain itu dalam menghadapi pasar bebas itu Pemerintah Provinsi Sumsel telah mempersiapkan sumber daya manusia.

Bahkan, lanjut dia, saat ini sudah dilaksanakan sekolah gratis untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia tersebut.

Yang jelas telah dilakukan di Sumsel dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan program prioritas pendidikan, kesehatan dan lapangan kerja, kata dia.

Menurut dia, Sumsel saat ini terus meningkatkan kualitas melalui berbagai kegiatan internasional.

Sumsel akan menjadi tuan rumah pagelaran Asian Games 2018 dengan mempertandingkan berbagai cabang olahraga.

Sementara ketua panitia pelaksana rapat koordinasi Khairul ST mengatakan, Rakorda ini bertujuan untuk mengoptimalkan peran dan fungsi jasa kontruksi dan lembaga pengaman pengawasan dalam menghadapi Ekonomi ASEAN 2015.

Dengan adanya kegiatan itu diharapkan peserta dan masyarakat dapat memahami pentingya jasa kontruksi dalam pengembangan pertumbuhan ekonomi.

 

www.antarasumsel.com

14 Oktober 2014 08:16:19 WIB Info Publik

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan