Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Pemprov Sumsel Berupaya Padamkan Titik Api

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus berupaya memadamkan titik api untuk mengurangi kabut asap yang hingga Jumat terlihat makin menebal.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin di Palembang, Jumat, mengatakan bahwa pihaknya sekarang ini terus berupaya untuk memadamkan titik api di sejumlah daerah di provinsi tersebut.

Sekarang ini, kata dia, sudah ada heli untuk melakukan bom air dalam memadamkan titik api yang ada di berbagai wilayah.

"Ada lima heli sekarang terus digunakan memadamkan titik api yang ada," kata Gubernur Sumsel.

Selain itu, lanjut dia, juga pesawat hercules untuk memodifikasi cuaca agar turun hujan, ujar dia.

Namun, lanjut Gubernur, awan yang berpotensi hujan belum kelihatan sehingga titik api masih terdapat di wilayah Sumsel.

Bukan itu saja, kata Alex Noerdin, tim operasi darat juga diturunkan untuk memadamkan titik api supaya kabut asap tidak makin menebal.

Namun, kata dia, sekarang ini yang menjadi kendala adalah Sumsel banyak memiliki lahan gambut yang saat musim kemarau rawan terbakar.

"Lahan gambut bila terjadi gesekan pada saat musim kemarau sekarang ini rawan terbakar sehingga perlu diantisipasi bersama," katanya.

Selain itu, kata Gubernur, pemadaman kebakaran lahan gambut memerlukan waktu karena apinya meresap ke bawah yang tidak kelihatan dari atas.

Dalam kesempatan itu, Gubernur meminta masyarakat untuk sementara ini tidak mengelola lahan gambut karena rawan terbakar.

Sebelumnya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pemerintah Provinsi Sumsel Yulizar Dinoto mengatakan bahwa kebakaran lahan sekarang ini masih terbanyak di Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Sehubungan dengan itu, pihaknya terus berupaya memadamkan titik api tersebut dengan menurunkan anggota, termasuk heli.

www.antarasumsel.com

10 Oktober 2014 11:05:13 WIB Info Publik

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan