Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Disperindag Sumsel akan Operasi Pasar

Palembang (ANTARA Sumsel) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Selatan akan mengadakan operasi pasar bila menjelang Idul Adha terjadi kenaikan harga bahan pokok secara tidak terkendali.

"Kami siap melaksanakan operasi pasar yang menjual bahan pokok dengan harga lebih murah, bila kenaikan harganya cukup tinggi," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumsel, Permana, di Palembang, Selasa.

Operasi pasar itu perlu dilaksanakan untuk menjamin harga bahan pokok tetap stabil, katanya..

Namun, lanjut dia, pelaksanaan operasi pasar itu masih melihat perkembangan harga di pasar-pasar tradisional Kota Palembang.

Bila kenaikan harga bahan pokok cukup tinggi, maka operasi pasar diperlukan, kata dia, tanpa menyebutkan standar kenaikan harga tersebut.

Menurut dia, sebenarnya persediaan bahan pokok di daerah ini masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat beberapa bulan ke depan.

"Masyarakat tidak perlu khawatir akan kekurangan persediaan bahan pokok karena stoknya masih cukup banyak," ujarnya.

Namun dia mengimbau agar warga jangan sampai membeli bahan pokok secara berlebihan dan berbelanja sesuai kebutuhan karena persediaan masih cukup banyak.

Permana menegaskan dalam pelaksanaan operasi pasar, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait terutama pengusaha termasuk Perum Bulog setempat.

Namun, berdasarkan pengalaman selama ini menjelang Idul Adha permintaan bahan pokok biasanya tidak sebanyak saat menjelang Idul Fitri, katanya.

http://www.antarasumsel.com

30 September 2014 11:20:02 WIB Info Publik

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan