embahas Isu Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Khususnya Penurunan Kemiskinan di Provinsi Sumatera Selatan

Palembang. Jumat, 9 Agustus 2024

Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan Ibu Regina Ariyanti, ST menghadiri Rapat Sekretariat Bersama membahas Isu Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Khususnya Penurunan Kemiskinan di Provinsi Sumatera Selatan. Rapat dipimpin oleh Pj. Gubernur Sumatera Selatan Bapak Elen Setiadi di Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sumatera Selatan dan Bangka Belitung.
Pada rapat tersebut, Bapak Elen menjelaskan konsep kemiskinan yang digunakan BPS menggunakan pendekatan kebutuhan dasar. Kemiskinan di definisikan sebagai ketidakmampuan dari sisi ekonomi untuk memenuhi kebutuhan dasar makanan dan bukan makanan yang diukur menurut garis kemiskinan. Fenomena kemiskinan ekstrem merupakan persoalan multidimensi, dimana mereka terkendala dalam mengakses kebutuhan dasar yaitu pendidikan rendah, kesehatan menurun, tidak terakses air bersih, menghuni rumah tidak layak, tidak produktif dan berpendapatan rendah.
Turut mendampingi Kepala Bidang Perekonomian dan Pendanaan Pembangunan Bapak Hari Wibawa SP., MM dan Fungsional Perencana Madya Bapak Joni Awaludin SE., MA., MT.