Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Masterplan Pertumbuhan Ekonomi Hijau Sumatera Selatan

Palembang, 30 Januari 2017 Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Selasa 30 Januari 2017 mengadakan rapat dalam rangka proses penyusunan masterplan green growth Sumatera Selatan, yang berlangsung di Aula Bappeda Provinsi Sumatera Selatan lantai III pada pukul 10.00 WIB.

Dipimpin oleh Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, DR. Ekowati Retnaningsih, SKM., M.Kes didampingi oleh Staf Ahli Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, Najib Asmani. Kemudian pertemuan ini di Narasumberi oleh Ibu Sonya dari perwakilan IDH.

Dalam kesempatannya, Ibu Sonya menyampaikan ringkasan eksklusif mengenai proses penyusunan masterplan ekonomi hijau Sumatera Selatan. Kemudian menjelaskan demo perangkat database dan visualisasi masterplan pertumbuhan ekonomi hijau, serta menjelaskan tentang peta jalan sebagai acuan penyusunan program tematik.

Tujuan green growth ini adalah untuk pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, pertumbuhan yang inklusif dan merata, ketahanan sosial, ekonomi dan lingkungan, serta ekosistem yang sehat dan produktif.

Pendekatan yang dilakukan yaitu; lahan merupakan titik pusat dari ekonomi hujau karena peran gandanya sebagai sumber daya maupun penyedia jasa lingkungan, serta ekspansi intensifikasi (GAP), hilirisasi untuk pertumbuhan ekonomi hijau.

 

Tujuan green growth lainnya salah satunya melalui pendekatan ekonomi makro, tentunya mempunyai beberapa strategi diantaranya; alokasi dan tataguna lahan berkelanjutan yang merupakan penyelarasan antara kebutuhan lahan dengan ketersediaan lahan, meningkatkan aksesterhadap lima kapital (alam, fisik, finansial, manusia, dan sosial),peni ngkatan produktifitas dan manfaat dari 1 unit area, peningkatan rantai nilai dengan pembagian manfaat yang adil, peningkatan konektivitas dan economy of sale, restorasi area yang mengalami degradasi fungsi, serta intensif jasa lingkungan dan pendanaan inovatif komoditas bekerlanjutan. *Bappeda.SS

31 Januari 2017 16:41:16 WIB Bappeda Terkini

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan