Pembangunan jalan tol Palembang-Indralaya segera dimulai

Jalan tol atau jalan bebas hambatan itu nantinya apabila selesai akan menghubungkan Sumatera Selatan dengan Provinsi Lampung hingga Aceh, kata Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Sumsel, Irene Camelyn Sinaga melalui siaran persnya diterima Antara di Palembang, Rabu.

 

Ia menjelaskan, Gubernur Sumsel Alex Noerdin akan melakukan peletakan batu pertama pembangunan jalan tol tersebut.

 

Menurut dia, jalan tol sepanjang 22 Km itu nantinya akan menghubungkan Sumsel, Lampung hingga Aceh dengan total panjangnya mencapai 2.400 Km.

 

Untuk pembangunan jalan tol Palembang Indralaya sendiri menganggarkan dana sebesar Rp5triliun, ujar dia.

 

Gubernur berkeyakinan, dengan adanya Jalan Tol Trans Sumatera maka kehidupan masyarakat di Pulau Sumatera akan setaraf kehidupan masyarakat di Pulau Jawa.

 

Dia mengatakan, infrastruktur tersebut nantinya akan menyatakan pulau Jawa dengan Sumatera melalui jembatan Selat Sunda, kemudian Lampung-Sumsel-Bengkulu-Aceh.

 

Jadi jika semuanya terwujud, maka pembangunan di Sumatera pada umumnya dan Sumsel khususnya akan lebih maju, katanya.

 

Memang, bila dilihat secara geografis, lanjutnya pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera Highway dan Railway akan sangat mendukung pertumbuhan investasi di Sumsel dan kawasan Sumatera pada umumnya.

 

Ia mengatakan, dalam melakukan percepatan pembangunan jalan tol Palembang Indralaya pada 20 Februari 2012 Menteri BUMN Dahlan Iskan mengadakan pertemuan dengan para gubernur se-Sumatera di Griya Agung Palembang.

 

Pertemuan tersebut membahas percepatan pembangunan jalan tol di Sumatera, juga hadir Deputi Kementerian BUMN Bidang Infrastruktur Sumaryanto, Direktur Utama PT Jasa Marga Adityawarman dan Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga Abdul Hadi.

 

http://www.antarasumsel.com/berita/271049/pembangunan-jalan-tol-palembang-indralaya-segera-dimulai