KIN Dorong Percepatan Pembangunan di Sumsel karena Miliki SDA dan SDM yang Memadai

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua KIN, Prof. DR. Zuhal usai mendengar paparan Gubernur Sumsel, Ir. H. Alex Noerdin di gedung Balai Pusat Pengembangan Teknologi (BPPT) Jakarta, Kamis (31/1). "Pembangunan yang menjadi perhatian KIN adalah percepatan pembangunan rel kereta api, pembangkit listrik, dan pembangunan infrastruktur lainnya. Yang berguna untuk menunjang pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-api, " katanya.

 

Begitu banyak inovasi pembangunan yang dilahirkan di Sumsel di bawah kepemimpinan Alex Noerdin, lanjutnya, selain pembangunan infrastruktur dan pembangunan yang mengacu pada kepentingan masyarakat Sumsel. Sebagai contoh, dua program yang cukup populer yakni program sekolah dan berobat gratis yang telah mengurangi beban hidup masyarakat," ungkapnya.

 

Zuhal pun menjelaskan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki Sumsel sungguh melinpah, mulai dari tambang batubara, minyak, gas dan panas bumi serta hasil pertanian yang mampu menopang stok pangan nasional.

 

"Belum lagi hasil perkebunan karet dan kelapa sawit. Semua itu merupakan potensi yang memerlukan inovasi dalam pengelolaannnya dan ini sudah dilakukan oleh provinsi Sumsel. Sedangkan dibidang SDM, Sumsel sudah memiliki universitas yang cukup ternama yakni Universitas Sriwijaya (UNSRI), yang tentunya telahnya telah menghasilkan SDM yang bisa diandalkan," jelasnya.

 

Diakui Zuhal, tidak jarang rencana pembangunan yang telah dipersiapkan masih sering terganjal oleh berbagai aturan yang ada. Oleh karena itu, pihaknya akan mengawal rencana pembangunan yang telah disiapkan oleh Pemprov Sumsel.

 

Sementara itu, Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin yang didampingi oleh Kepala Balitbangda Sumsel Ekowati Retnaningsih dan Kepala Bappeda Sumsel Yohannes Toruan mengatakan, di kawasan KEK Tanjung Api-api akan dibangun pusat-pusat industri, yang nantinya akan menyerap banyak tenaga kerja.

 

"Sebagai contoh, untuk memenuhi kebutuhan gas dalam negeri dan mencukupi kebutuhan PT Pusri di Tanjung Api-api, akan dibangun cool gasification, sehingga PT Pusri tidak perlu khawatir akan kekurangan pasokan bahan baku pupuk," jelas Alex.

 

Orang-orang yang duduk di Komite Inovasi Nasional ini adalah orang-orang yang ahli dibidangnya. Untuk itu, diharapkan bantuan dari KIN untuk dapat mendorong dan mencarikan jalan keluar dalam merealisasikan program-program percepatan pembangunan di Sumsel.

 

sumber: berita sumsel.com