Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Bahas Kerja Sama Ekonomi, DPD Kumpulkan Kepala Daerah dan Dubes

Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI mengundang seluruh gubernur, wali kota, bupati se-Indonesia be‎rsama duta besar negara sahabat dalam 'Diplomatic Gathering' malam ini. Acara digelar untuk membahas peningkatan investasi di tiap pemerintah daerah.

Acara digelar di ruang pertemuan Nusantara IV Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (26/3/2015)‎. Acara dihadiri anggota DPD, kepala daerah ataupun yang mewakili dan beberapa dubes sahabat termasuk menteri Bappenas/PPN Andrinof Chaniago.

Di antara kepala daerah itu ada Gubernur Jawa Barat, Gubernur Sumatera Barat, Gubernur Maluku, Gubernur Bengkulu, Wagub Gorontalo, Wagub Kalimantan Barat, Wali kota Palu, Wali kota Ambon, Wali kota Samarinda, Wakil walikota Serang dan lainnya.

Acara dimulai dengan sajian makan malam bagi sekitar 300 tamu undangan yang hadir. Usai santap malam, acara resmi dimulai sekitar pukul 20.00 WIB dengan sambutan ketua DPD RI Irman Gusman soal peran DPD dalam peningkatan ekonomi ‎daerah.

"Kita akan memasuki masyarakat ekonomi Asia Tenggara yang mengakibatkan daerah aktif untuk berinteraksi 'menjual' dan mempromosikan berbagai potensi ekonomi yang ada di daerah masing-masing," kata Irman Gusman.

Menurut Irman, pertemuan malam ini yang bertema 'Membawa daerah ke Mancanegara' adalah awal untuk pertemuan berikutnya yang lebih detail membahas soal potensi daerah, promosi‎ sampai kerjasama untuk meningkatkan ekonomi daerah.

DPD yang terdiri dari senator-senator dari tiap provinsi, punya peran untuk mengkonsolidasikan pemerintah daerah ‎tersebut. Sehingga lebih siap menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia Tenggara yang akan dimulai pada akhir Desember 2015.

‎"Kita dalam era otonomi ini ingin melakukan berbagai sinergi, berbagai komunikasi, dan dorongan bagaimana pusat disesuaikan dengan pertimbuhan di daerah," tegasnya.

"Diplomasi bukan saja oleh Menlu, tapi gubernur, bupati, wali kota dan senator seluruh Indonesia terlibat penuh dalam peningkatan ekonomi," imbuh politisi asal Sumatera Barat itu.

Usai sambutan Irman, acara kemudian dilanjutkan dengan paparan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal mengenai potensi wisata dan ekonomi tiap provinsi. Penjelasan dilengkapi dengan slide tiap potensi tersebut.

 

http://news.detik.com/read/2015/03/26/213841/2870928/10/bahas-kerja-sama-ekonomi-dpd-kumpulkan-kepala-daerah-dan-dubes

27 Maret 2015 09:12:13 WIB Berita Terkini

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan