Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Bupati Patenkan Batu Akik Khas Asal Lahat

"Ya kita ketahui bersama kalau batu akik kita luar biasa baik dari sisi kualitas maupun kuantitasnya. Jadi sayang kalau keberadaannya diklaim milik orang lain. Makanya akan segera kita patenkan,"terang Aswari.

Lebih lanjut ia mengungkapkan setidaknya ada tiga jenis batu akik khas Lahat yakni batu akik Panca Warna Sakti, Teratai dan Teratai Tunggal. "Kualitas ketiga batu ini sangat bagus dan itu akan menjadi ciri khas kabupaten Lahat. Dan kita juga akan menpromosikannya sehingga semua masyarakat khususnya indonesia tahu kalau jenis batu tersebut berasal dari Lahat,"tegasnya.

Disisi lain, Aswari mengajak masyarakat terutama para pemuda untuk berwiraswasta dalam usaha batuk akik. Sehingga keberadaan batu akik dinikmati atau bisa menghasilkan bagi warga lahat sendiri. Pemkab sendiri, ujarnya telah memberikan beberapa alat seperti grendo kepada masyarakat agar bisa membuat batu akik secara mandiri.

"Kita tidak hanya akan memantenkan batu akik saja namun, juga mendorong warga untuk menjadikan batu akik ini sebagai salah satu usaha untuk menambah penghasilan warga itu sendiri,"ujarnya. (Cr 22)

sumber : sripoku.com

16 Februari 2015 09:07:47 WIB Seputar Sumsel

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan