Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Alex Noerdin Harus Siapkan Enam Pjs Bupati di Sumsel

Pemerintah Pusat memastikan rencana menggelar Pemillu Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada tahun 2015, ditunda hingga awal tahun 2016. Akibatnya, enam daerah yang siap memilih kepala daerah baru tahun ini pun tertunda.

Asisten I bidang Pemerintahan Pemprov Sumsel, Ikhwanuddin mengatakan, daerah yang tahun ini diagendakan menggelar Pilkada adalah Kabupaten PALI, Ogan Ilir (OI), Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur, OKU Selatan dan Kabupaten Musi Rawas (Mura).

"Meski Pilkada diundur tahun depan agar bisa serentak, namun masa jabatan kepala daerah tidak diperpanjang. Gubernur berwenang mengusulkan seseorang untuk menjadi Pejabat sementara (Pjs)," ujar Ikhwanuddin di Kantor Gubernur Jalan Kpaten A Rivai Palembang, Jumat (6/2/2015).

Pjs Bupati yang diusulkan Alex Noerdin ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) akan memimpin pemerintahan sementara. Ia bertugas menyiapkan dan menyelenggarakan Pilkada hinga terpilihnya kepala daerah baru secara definitif.

Masa jabatan kepala daerah yang hampir habis adalah Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Heri Amalindo pada April 2015 mendatang. Meski tingal dua bulan lagi, Ikhwanudin mengaku belum dapat memastikan nama-nama yang akan diusulkan Gubernur ke Mendagri, Tjahjo Kumolo.

"Gubernur yang akan mengusulkan dan ditentukan Mendagri. Tidak ada yang berwenang selain itu. Yang saya ketahui, memang sampai sekarang belum ada nama-nama yang direkomendasikan. Kemungkinan pada Maret mendatang baru diusulkan," ujarnya.

Saat ini telah beredar sejumlah nama yang diisukan bakal menggantikan Heri Amalindo. Seperti Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Yulizar Dinoto, lalu kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sumsel Apriadi, dan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Sumsel, Yusnin.

Lebih jauh tentang Pilkada serentak tahun depan, Ikhwanuddin mengatakan bila Pemprov Sumsel akan mempersiapkannya dengan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sumsel. "Kami akan mengikuti atau menyesuaikan aturan yang telah ditetapkan oleh pusat," ucapnya.

 

http://palembang.tribunnews.com

09 Februari 2015 08:38:28 WIB Seputar Sumsel

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan