Sumsel Peringkat 6 Penelitian IGI

Menurut Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan Sumsel, Ir H Fazadi Afdanie MS MT, peringkat keenam merupakan suatu peningkatan yang cukup drastis dikantongi oleh Provinsi Sumsel.

"Di tahun 2008 lalu, Sumsel berada pada peringkat ke-16 namun dengan kepemimpinan Gubernur Alex Noerdin selama lima tahun ini Sumsel berada para peringkat ke-6," ujarnya usai mengikuti Seminar Hasil Indeks Tata Kelola Pemerintahan Provinsi IGI 2012 di Ballroom Aryaduta Hotel, Kamis (30/5).

Sementara itu, IGI Tren Nasional/Kemitraan dan Peneliti Provinsi, Lenny Hidayat mengungkapkan, ada beberapa arena yang dinilai, yaitu pemerintah, birokrasi, masyarakat sipil dan masyarakat ekonomi. Dimana, di setiap arena akan dilihat dari enam prinsip, seperti partisipasi, keadilan, akuntabilitas, transparansi, efisiensi dan efektivitas.

"Di antara empat arena yang diukur di Sumsel, kinerja arena birokrasi pada nilai (7,28), Masyarakat Sipil (6,40), dan Masyarakat Ekonomi (6,32) masuk dalam kategori Cenderung Baik. Sementara Arena Pemerintahan (4,82) masuk kategori Cenderung Buruk," jelasnya.

Secara berturut-turut, prinsip yang secara signifikan mengangkat Sumsel berada di urutan enam Provinsi terbaik adalah Transparansi (10,00) dan efisiensi (8,27) di Arena Birokrasi yang masuk dalam kategori Sangat Baik dan Baik. Sementara prinsip Keadilan (6,98) di Arena Birokrasi masuk dalam kategori Cenderung Baik.

Dilanjutkannya, prinsip yang masuk kategori Cenderung Buruk adalah prinsip Transparansi (4,02) di Arena Pemerintah dan Prinsip Partisipasi (4,39) di Arena Birokrasi, untuk Prinsip Keadilan (2,44) di Pemerintah masuk dalam kategori Buruk.

"Prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan Provinsi Sumsel masuk kategori Cenderung Baik diatas rata-rata nasional pada penilaian 2008-2012. Namun ada beberapa catatan penting, seperti perlu sarana partisipasi publik untuk pelayanan publik yang lebih baik, goverment diharapkan dapat meningkatkan alokasi anggaran yang sangat memerlukan perhatian, lebih transparan bagi masyarakat luas untuk memperoleh akses informasi terhadap dokumen APBD serta akuntabilitas pemerintah perlu ditingkatkan," urainya.

Berdasarkan data peringkat provinsi, Sumsel berada di urutan ke-6 dengan perolehan nilai 6,20. Dimana Sumsel menjadi Provinsi terbaik kedua di Sumsel setelah Jambi dalam tata kelola pemerintahan pada hasil IGI 2012. Jambi sendiri masuk dalam deretan ke-4 terbaik dengan perolehan nilai 6,24.

Eri Tri Nurini, Wakil Kemitraan Jakarta/ Manager Project Monitoring dan Evaluasi mengatakan IGI merupakan suatu alat untuk mengukur kepemerintahan berdasarkan kriteria objektif dan komprehensif.

"Ini merupakan kegiatan yang kedua kali, idealnya ada suatu hipotesa dan ini bisa dibuktikan. Karena suatu daerah yang punya indeks kelola baik, maka akan berpengaruh pada tata kelola pemerintahan yang baik. Ujungnya terjadi pada perbaikan kelayakan publik," paparnya sembari menegaskan bahwa hasil penelitian IGI ini dapat dijadikan masukan bagi daerah dalam melakukan pembangunan.

sumber : http://palembang.tribunnews.com/2013/05/30/sumsel-peringkat-6-penelitian-igi