11.104 Guru Sumsel Dapat Gaji Tunjangan 2013

 

"Total dana yang akan dikucurkan untuk SK Tunjangan guru sekitar Rp 14 Milyar, baik guru honorer maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan mendapatkan tunjangan guru di tahun ini. Ada sebanyak 11.104 guru yang akan kita salurkan dana tunjangannya," katanya pada saat penyampaian laporan Surat Keputusan (SK) Tunjangan guru pada acara Sosialisasi Pemberian Tunjangan Guru di Griya Agung Palembang, Minggu (19/5).

Dari data yang diperoleh, tahun ini terbit 16 SK Tunjangan guru Sumsel untuk 11.104 guru, yaitu 7 SK Tunjangan Fungsional bagi 5.633 guru, 2 SK Tunjangan Khusus bagi 1.332 guru yang bertugas di daerah khusus dan 7 SK Bantuan Peningkatan Kualifikasi bagi 4.339 guru di Sumsel.

Besaran Tunjangan Profesi Guru adalah satu kali gaji guru, Tunjangan Fungsional Guru yaitu Rp 3,6 juta per tahun. Tunjangan Khusus diperuntukkan bagi guru di daerah terpencil dengan besaran 1 kali gaji guru dan Tunjangan Bantuan Peningkatan Kualifikasi sebesar Rp 3,5 juta dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Sementara itu, Gubernur Sumsel, Ir H Alex Noerdin mengatakan, ada tiga prioritas pembangunan yang dijalankan, yaitu Prioritas Pendidikan, Prioritas Kesehatan dan Prioritas Lapangan Pekerjaan.

"Guru harus diperhatikan kesejahteraan, salah satunya dengan menyediakan tunjangan untuk Guru. Sesuai dengan kemampuan pemerintah, tahun 2008 APBD sebesar Rp 2,3 Trilyun dan sudah meningkat menjadi Rp 6,2 Trilyun dan di tahun depan melonjak ke angka Rp 7,2 Trilyun. Apabila tunjangan pendidikan naik lagi, pada 2017 menjadi Rp 15 Trilyun, pada saat itu sekolah gratis hingga tingkat Sarjana," tukasnya.

Selain memberikan tunjangan guru, pemprov juga memberikan beasiswa gratis bagi guru yang akan melanjutkan pendidikan S2 dan S3 di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di Indonesia bahkan luar negeri.

"Apabila masih ada guru yang belum mengenyam pendidikan Strata-1 (S1), kita akan memberikan beasiswa gratis juga untuk memberikan jaminan masa depan. Karena di tangan gurulah pendidikan akan semakin meningkat, untuk itu pendidikan guru juga menjadi perhatian Pemprov Sumsel,"tukasnya.

www.beritasumsel.com