Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Forum Koordinasi Perencanaan Strategis Bidang Energi Lintas Sektor Dalam Upaya Implementasi Kebijkan Energi Nasional

Palembang, 28 Oktober 2015 Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Selasa 27 Oktober menghadiri acara Forum Koordinasi Perencanaan Strategis Bidang Energi Lintas Sektor Dalam Upaya Implementasi Kebijakan Energi Nasional yang bertempat di Hotel Arista Palembang pada pukul 15.00 WIB.

Acara dilaksanakan dalam rangka sinkronisasi perencanaan strategis 2015-2019 untuk pencapaian sasaran kebijakan energi nasional (KEN) yang disampaikan oleh Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, dihadiri Dewan Energi Nasional, unsur Bappeda diantaranya; Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Bappeda Padang, Bappeda Provinsi Jambi, dan Bappeda Provinsi Kepulauan Riau. Lalu Dinas Pertambangan dan Energi diantaranya; Distamben Provinsi Sumatera Selatan, Distamben Padang, Distamben Riau, Distamben Jambi, dan Distamben Aceh., serta dihadiri oleh Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Selatan.

Forum koordinasi perencanaan strategis bidang energi lintas sektor dalam upaya implementasi kebijakan energi nasional diharapkan dapat diselenggarakan sampai level daerah. Rencana umum energi nasional (RUEN) yang telah disampaikan Pemerintah pada tanggal 10 Agustus 2015 saat ini tengah dalam pembahasan dan diharapkan dapat ditetapkan pada Tahun ini.

Dalam kesempatannya Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan Ibu DR. Ekowati Retnaningsih, SKM., M.Kes memaparkan terkit Perencanaan Strategis Bidang Energi Tahun 2013-2018 mengenai potensi sumberdaya pertambangan dan energi Sumatera Selatan (diantaranya; wilayah potensi panas bumi di Kabupaten) RPJD dan RPJMD Provinsi Sumatera Selatan (diantaranya; Arahan RPJPD 2005-2025 Sumatera Selatan Unggul dan Terdepan Tahun 2025, transformasi keunggulan, tujuan sasaran dan indikator kinerja misi kesatu RPJMD Prov Sumsel 2013-2014, urusan energi dan sumber daya mineral, strategi dan arah kebijakan pembangunan Sumsel, 8 (delapan) prioritas pembangunan Sumatera Selatan) kondisi ketenagalistrikan Sumsel (diantaranya; kelistrikan Sumsel, trend rasio elektrifikasi Tahun 2008-2014, target dan capaian RPJMD sektor pertambangan dan energi Prov Sumsel, peralihan kewenangan pengelolaan mineral).

Kemudian dilanjutkan paparan dari Kepala Dinas Pertambangan dan Mineral Sumsel, Biro Perencanaan Kementerian ESDM, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perhubungan, serta Pemerintah Provinsi Bengkulu. Kemudian acara akhir dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. (Admin)

 

29 Oktober 2015 10:32:42 WIB Bappeda Terkini

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan