Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Aksi Mitigasi Lokal dan Sektor Berbasis Lahan di Indonesia

Palembang, 27 Oktober 2015 Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Selasa 27 Oktober 2015 mengadakan pertemuan pembahasan RAD-GRK, diskusi mengenai rencana aksi daerah (RAD) pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK) Provinsi Sumatera Selatan. Pertemuan diadakan di ruangan rapat Bappeda Provinsi Sumatera Selatan lantai II pada pukul 09.00 WIB.

Dipimpin oleh Ibu Regina Ariyanti, ST Kepala UPTB Penataan Ruang Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, mewakili Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan Ibu DR. Ekowati Retnaningsih, SKM., M.Kes.

Dihadiri oleh beberapa SKPD terkait diantaranya; Dinas Pertanian Provinsi Sumsel, Dinas Kehutanan Provinsi Sumsel, Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel, Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sumsel, Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sumsel, LAMA-I, serta Staf UPTB Penataan Ruang Bappeda Provinsi Sumsel.

Presentasi/paparan dan update kegiatan bimbingan teknis di Belitung untuk revisi RAD GRK dari sector berbasis lahan dan non lahan, disampaikan Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan oleh Bapak Herwin, dan dari LAMAI oleh Bapak David.

Kemudian dilanjutkan diskusi mengenai identifikasi perbaikan yang akan dilakukan terhadap RAD GRK Sumsel, identifikasi rencana aksi oleh Provinsi dan sinergisitas rencana aksi Kabupaten dan Provinsi untuk sector berbasis lahan, identifikasi PIC dan Pokja perubahan iklim yang melaksanakan penyusunan dokumen RAD GRK, serta jadwal penyusunan RAD GRK baru.

Catatan pertemuan revinsi RAD GRK yaitu mengenai data kebakaran harus dimasukan untuk analisis RAD GRK dan aksi mitigasi harus focus pada kewilayahan termasuk pada area gambut, perbaikan RAD GRK sampai batas waktu Januari 2016 dan proses mitigasi (PEP) bias dilaksanakan di awal kegiatan, aksi mitigasi pertanian, peternakan dan perkebunan harus disusun berdasarkan prioritas kegiatan pada pendekatan kemasyarakatan, pembentukan Tim expert yang akan diketuai oleh Pak Sabarusin (Unsri) pertemuan lanjutan akan didiskusikan kembali, serta pembentukan Tim Revisi akan disusun berdasarkan SK Gubernur. (Admin)

 

29 Oktober 2015 10:33:35 WIB Bappeda Terkini

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan