Indonesia Terpilih sebagai External Auditor IAEA Periode 2016-2017

Pemilihan dan penetapan External Auditor tersebut dilaksanakan pada Sidang Umum ke-59 IAEA di Wina, Austria, tanggal 17 September 2015 kemarin.

Pada Sidang yang dihadiri Kepala Perwakilan Tetap di Wina, Delegasi dari BATAN, BAPETAN, dan BPK itu, Indonesia menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan IAEA kepada BPK RI yang berkomitmen untuk memberikan hasil sebagai External Auditor IAEA.

"Terpilihnya BPK RI sebagai External Auditor merupkan salah satu capaian diplomasi Indonesia dalam meningkatkan peran aktif pada organisasi internasional," tulis Setditjen Multilateral Kemenlu Indonesia dalam keterangannya diterima Tribun, Minggu (20/9/2015).

IAEA adalah sebuah organisasi independen yang didirikan pada tanggal 29 Juli 1957 dengan tujuan mempromosikan penggunaan energi nuklir secara damai dan menangkal penggunaannya untuk keperluan militer. IAEA berfungsi sebagai forum antar-pemerintah untuk kerja sama ilmiah dan teknis dalam penggunaan teknologi nuklir dan tenaga nuklir secara damai di seluruh dunia. IAEA beranggotakan 164 negara dan memiliki kantor pusat yang terletak di Wina, Austria.‎

 

sumber : http://www.tribunnews.com/nasional/2015/09/20/indonesia-terpilih-sebagai-external-auditor-iaea-periode-2016-2017